Jokowi Sebagai "Babu" di Media Australia?

Abwaba.com – Social media khususnya Facebook dan Twitter diramaikan dengan karikatur yang menjadi sampul depan media Australia bernama The C...

Abwaba.com – Social media khususnya Facebook dan Twitter diramaikan dengan karikatur yang menjadi sampul depan media Australia bernama The Courier Mail menggambarkan sosok presiden Jokowi sebagai tukang masak dengan peci dan celemak layaknya seorang pembantu atau kacung.

Kesan karikatur yang berjudul “Welcome to Paradise” tersebut diperlihatkan media di Australia tersebut seolah-olah menunjukkan bahwa presiden Jokowi sebagai seorang kacung yang sedang melayani para pimpinan dunia, diperhelatan negara anggota G-20 yang akan berlangsung Sabtu kemarin (15/11). Rasa malu tentu saja dirasakan sebuah bangsa jika warganya hanya disejajarkan dengan pembantu alias kacung oleh negara lain, apalagi jika yang disejajarkan dengan kacung itu adalah seorang presiden yang harus dihormati. Demikian kutip dari Spektanews.

Dalam gambar tersebut nampak jelas presiden Jokowi tengah mengenakan celemek, sementara tangannya memegang alat penjepit masakan tak ubahnya seorang pelayan dapur yang sedang memanggang sosis untuk melayani makan para petinggi dunia tersebut.

Salah satu media yang menampilkan gambar Joko adalah The Courier Mail. Dalam cover koran bertajuk Welcome to Paradise, Jumat (14/11). Sementara, kepala negara lain seperti Barack Obama, Xi Jinping, Vladimir Putin, dan seluruh petinggi dunia lainnya digambarkan sebagai orang yang menikmati pesta dengan seorang pelayan yang tak lain adalah Joko Widodo.

Gambar yang kini ramai diperbincangkan tersebut kontan menjadi bahan olok-olokan publik Australia. Belum ada tanggapan dari presiden Jokowi terkait gambar karikatur mengenaskan itu. Menurut rencana, acara pertemuan pemimpin negara G-20 akan membahas tentang sistem moneter internasional.

koran australia twitter

Sementara Vivanews mengabarkan tampaknya gambar tersebut merupakan sindiran media atas para pemimpin yang ikut dalam KTT G20 di Kota Brisbane, Australia, akhir pekan ini. Foto sampul yang menyebar di media sosial itu menggambarkan Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) sebagai pemanggang daging, serta Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama bertelanjang dada dengan celana renang.

Lalu Kanselir Jerman Angela Merkel sedang memeluk seekor Koala, dan Presiden Rusia Vladimir Putin mengenakan sebuah topi terbuat dari karton kemasan bir. Tulisan yang menyertai karikatur itu pada bagian dalam, berisi kecaman atas jatuhnya pesawat MH17.

Pada tulisan yang ditujukan untuk Putin, tabloid itu menyampaikan terima kasih atas kunjungannya ke Australia. “Tapi sebelum pertemuan dimulai, ada satu kata yang orang Australia ingin dengar – maaf.”

Barat menuding Rusia terlibat dalam tragedi jatuhnya pesawat Malaysia Airlines di Ukraina, yang diyakini ditembak jatuh oleh pemberontak Ukraina menggunakan rudal yang dipasok oleh Rusia.

Namun berita tendensius media Australia itu tidak menyinggung bukti-bukti terbaru, yang mengungkap adanya upaya pemerintah Ukraina untuk menutupi kasus dengan memanipulasi, serta menghilangkan bukti-bukti yang dapat mengungkap fakta sebenarnya.

Tidak dijelaskan juga mengapa media Australia itu harus menggambarkan Jokowi mengenakan peci sebagai pemanggang daging.

Terkait dengan hal ini Jonru sebagai orang yang gemar mengkritik presiden Jokowi dan para pengikutnya menuliskan dalam fanpagenya sebagai berikut:

Seburuk-buruknya Jokowi, dia adalah presiden RI. Jadi saat melihat cover sebuah media Australia yang menggambarkan dirinya sebagai koki yang melayani para pemimpin dunia, harusnya kita sebagai warga Indonesia merasa sakit hati.

Yang “disindir” lewat foto tersebut bukan hanya Jokowi sebagai personal, tapi itu adalah sindiran untuk Indonesia. Untuk kita. Karena “Jokowi Adalah Kita” (#halah…)

Di satu sisi kita seharusnya sakit hati. Namun di sisi lain, semoga foto tersebut bisa MENYADARKAN para Jokowers yang selama ini masih belum bangun dari mimpi.

Jika foto itu dimuat di media nasional seperti Republika dst, saya yakin itu tak akan berpengaruh apapun terhadap Jokowers. Justru seperti biasa, mereka pasti akan marah dam membully media tersebut. Bahkan kantornya mungkin akan dirusak, seperti kasus TV One beberapa bulan lalu.

Namun karena foto itu dimuat di media LUAR NEGERI, saya yakin para Jokowers mulai #Mikir.

Mikirin apa? Anda pasti tahu jawabannya

Yang jelas, pada posting saya sebelumnya yang membahas tema serupa, nyaris tak ada Jokowers yang berkomentar.

Semoga kejadian ini bisa menjadi AWAL dari sebuah kesadaran. Aamiin….

Dan salah satu pendukung presiden Jokowi dengan nick Ati di laman yahoo news berkomentar: “itu artinya Jokowi memberi kehidupan dan energi positive bagi semuanya. Tanpa makanan dan energi kan semuanya mati. Artinya Jokowilah atau Indonesialah yang berkuasa diantara mereka.”

Sumber: Vivanews, Spektanews dan Merdekacom

COMMENTS

Nama

Abwaba,1,Abwaba Top Info,25,Android,2,Aplikasi,4,Bola,4,Cerita Lucu,1,Cerpen,1,Contoh,8,Contoh Lainnya,4,Contoh Surat,4,Desain Rumah,42,Diet dan Fitness,2,Ekonomi,2,Gadgets,11,Gambar Lucu,2,Handphone,7,Harga,25,Harga Hp,7,Harga Laptop,2,Harga Motor,16,Harga Tablet,1,Health,18,Herbal,8,Hotel,13,How To,4,Humor,10,Indonesia,1,Info Lainnya,2,Internasional,1,Internet,6,Jadwal,3,Jadwal Bola,3,Jadwal Bola Hari ini,2,Jadwal Liga Inggris,1,Kata-Kata,6,Kecantikan,5,Kesehatan,4,Kulit,5,Laptop,1,Lifestyle,3,Manfaat dan Khasiat,10,Motor,15,Nasional,7,Otomotif,16,Piala Dunia 2014,1,Politik,14,Properti,48,Puisi,4,Rambut,4,Resep Kue,2,Resep Lebaran,2,Resep Masakan,74,Resep Masakan Indonesia,50,Resep Masakan Internasional,2,Resep Minuman,2,Review,1,Sejarah,1,Sejarah Umum,1,SMS Lucu,1,Tablet,1,Tanaman Obat,5,Tebak-Tebakan,4,Tekno,1,Tips Cantik,1,Tips dan Cara,64,Tips Internet,2,Tips Properti,1,Travel,15,Tubuh,5,Wajah,1,Wanita,19,
ltr
item
Abwaba.com: Jokowi Sebagai "Babu" di Media Australia?
Jokowi Sebagai "Babu" di Media Australia?
http://www.abwaba.com/wp-content/uploads/2014/11/koran-australia-twitter.jpg
Abwaba.com
https://www.abwaba.com/2014/11/jokowi-sebagai-di-media-australia.html
https://www.abwaba.com/
http://www.abwaba.com/
http://www.abwaba.com/2014/11/jokowi-sebagai-di-media-australia.html
true
5790253972196761236
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content