Resep dan Cara Membuat Bakwan Jagung Gurih Renyah

Cara Membuat Bakwan – Dari beragam camilan masyarakat, yang sangat digemari dan mudah dijumpai adalah gorengan. Kita mengenal gorengan deng...

Cara Membuat Bakwan – Dari beragam camilan masyarakat, yang sangat digemari dan mudah dijumpai adalah gorengan. Kita mengenal gorengan dengan berbagai macam jenisnya, mulai yang menggunakan bahan dasar sayur maupun seafood. Gorengan pada umumnya juga digunakan sebagai pengganjal perut untuk mereka yang terlambat sarapan pagi, atau juga dapat dinikmati dengan lontong yang dijual di pinggir-pinggir jalan. Apakah jenis gorengan yang Anda sukai? Di kalangan masyarakat, salah satu jenis gorengan yang sangat difavoritkan adalah bakwan. Bakwan adalah gorengan berbahan dasar sayur dan terigu. Sayuran yang biasanya digunakan adalah irisan kubis, tauge, irisan wortel dan digoreng hingga menciptakan suatu tekstur renyah. Untuk provinsi Jawa Barat, bakwan umumnya dikenal dengan ‘bala-bala’. Perlu diketahui juga, bahwa selain sayuran, bakwan juga berisi varian isi lain seperti jagung dan udang.

Bakwan dengan bahan dasar jagung beserta terigu biasanya dikenal dengan perkedel, karena mempunyai kemiripan hampir sama. Rasanya yang sangat gurih dan juga teksturnya yang renyah membuat bakwan menjadi banyak diminati serta cocok dinikmati masyarakat Indonesia. Bakwan banyak dijual pedagang yang menjajakan gorengan pada pinggir-pinggir jalan, maupun pada toko kue-kue basah. Bakwan paling cocok dinikmati bersama dengan saos sambal maupun dengan cabai rawit, sesuai selera setiap orang.

Cara Membuat Bakwan

cara membuat bakwan jagung

Resep dan Cara Buat Bakwan Jagung

Tak jarang pula bakwan dihidangkan sebagai lauk pauk bersama sayur sop maupun sayur lodeh. Apabila Anda gemar akan kudapan bakwan satu ini, Anda dapat meraciknya sendiri dirumah dengan berbagai bahan yang dapat Anda sesuaikan dengan selera Anda dan jelas lebih terjamin higienisnya. Bagi Anda yang masih pemula dan masih merasa bingung akan bahan yang dibutuhkan untuk meracik bakwan jagung Anda tak perlu bingung, dibawah ini Abwaba.com berikan langkah mudah cara membuat bakwan jagung.

Bahan-bahan:

  • 2 buah jagung yang manis, sisir
  • 1 tangkai daun bawang, dan iris halus
  • 4 sdm tepung terigu
  • 1 sdm tepung beras
  • Garam secukupnya
  • 200 ml air
  • 2 telur, kocok lepas
  • Minyak goreng secukupnya

Bumbu Halus:

  • 5 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1/2 sdt ketumbar

Cara:

  1. Campurkan semua tepung terigu, telur, tepung beras, air, garam serta merica dan aduk rata semua adonan.
  2. Masukkan jagung beserta daung bawang, dan aduk rata.
  3. Tambahkan bumbu halus kemudian aduk hingga merata.
  4. Siapkan wajan beserta minyak panas, dan ambil sesendok bakwan kemudian goreng pada pinggir wajan untuk ukuran agak besar.
  5. Gorenglah bakwan hingga warnanya berubah menjadi kuning keemasan.

Untuk bahan utama dalam pembuatan bakwan, Anda bisa menggantinya menggunakan udang utuh, daging maupun dengan ikan giling sesuai selera Anda. Bakwan sangat nikmat bila dikonsumsi ketika masih hangat bersama dengan saus sambal maupun dengan cabai rawit. Untuk soal kerenyahan Anda bisa menggorengnya sedikit lama hingga pada pinggiran bakwan warnanya berubah atau sebaliknya bila menginginkan hasil yang lebih lembut.

Resep dan Cara Membuat Bakwan Gurih Renyah

Cara Buat Bakwan diatas cukup mudah di praktekkan dirumah. Bakwan dapat menjadi salah satu alternatif apabila anak Anda tidak suka akansayuran, sehingga ibu bisa menyembunyikan sayuran dalam bakwan dengan rasa yang renyah, sebab umumnya tekstur yang renyah dan juga garing sangat digemari anak-anak. Sehingga anak anak akan tetap mengkonsumsi sayuran walaupun dalam bentuk berbeda. Semoga Cara Membuat Bakwan ini dapat membantu Anda untuk lebih berkreasi dalam memasak.

COMMENTS

Nama

Abwaba,1,Abwaba Top Info,25,Android,2,Aplikasi,4,Bola,4,Cerita Lucu,1,Cerpen,1,Contoh,8,Contoh Lainnya,4,Contoh Surat,4,Desain Rumah,42,Diet dan Fitness,2,Ekonomi,2,Gadgets,11,Gambar Lucu,2,Handphone,7,Harga,25,Harga Hp,7,Harga Laptop,2,Harga Motor,16,Harga Tablet,1,Health,18,Herbal,8,Hotel,13,How To,4,Humor,10,Indonesia,1,Info Lainnya,2,Internasional,1,Internet,6,Jadwal,3,Jadwal Bola,3,Jadwal Bola Hari ini,2,Jadwal Liga Inggris,1,Kata-Kata,6,Kecantikan,5,Kesehatan,4,Kulit,5,Laptop,1,Lifestyle,3,Manfaat dan Khasiat,10,Motor,15,Nasional,7,Otomotif,16,Piala Dunia 2014,1,Politik,14,Properti,48,Puisi,4,Rambut,4,Resep Kue,2,Resep Lebaran,2,Resep Masakan,74,Resep Masakan Indonesia,50,Resep Masakan Internasional,2,Resep Minuman,2,Review,1,Sejarah,1,Sejarah Umum,1,SMS Lucu,1,Tablet,1,Tanaman Obat,5,Tebak-Tebakan,4,Tekno,1,Tips Cantik,1,Tips dan Cara,64,Tips Internet,2,Tips Properti,1,Travel,15,Tubuh,5,Wajah,1,Wanita,19,
ltr
item
Abwaba.com: Resep dan Cara Membuat Bakwan Jagung Gurih Renyah
Resep dan Cara Membuat Bakwan Jagung Gurih Renyah
http://www.abwaba.com/wp-content/uploads/2014/05/cara-membuat-bakwan-jagung.jpg
Abwaba.com
https://www.abwaba.com/2014/05/resep-dan-cara-membuat-bakwan-jagung.html
https://www.abwaba.com/
http://www.abwaba.com/
http://www.abwaba.com/2014/05/resep-dan-cara-membuat-bakwan-jagung.html
true
5790253972196761236
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content