Tips Dan Resep Cara Membuat Coklat Praline Enak

Kirim artikel ini Kirim artikel ini Print Artikel ini Print Artikel ini

Tips Dan Resep Cara Membuat Coklat Praline Enak – Coklat adalah makanan yang mendunia, karena hampir di seluruh wilayah didunia mengenal dan mengonsumsi coklat. Konsumennya pun tak terbatas usia, dari muda sampai yang tua. Coklat berasal dari biji kakao yang konon katanya pertama kali dikonsumsi oleh orang Mesoamerika kuno dan disajikan dalam bentuk minuman. Coklat juga pernah menjadi barang mewah, bahkan digunakan sebagai mata uang. Namun sekarang, coklat dapat ditemui dimana saja dengan harga yang beragam. Nah, apakah Anda termasuk penggemar coklat? Bila iya, maka Anda perlu menyimak sedikit informasi tentang coklat berikut ini:

Tips Dan Resep Cara Membuat Coklat Praline Enak

cara membuat coklat

Manfaat coklat
Coklat dipercaya mengandung manfaat untuk meningkatkan mood kita ketika sedang tidak nyaman dengan situasi. Coklat mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Zat antioksidan yang terkandung dalam coklat dapat memperlambat proses penuaan dan mempercepat proses regenerasi sel-sel yang telah mati, sehingga mencegah radikal bebas didalam tubuh. Coklat olahan yang seringkali sudah dicampur dengan gula, dapat dijadikan makanan pengganjal perut saat kita lapar. Coklat juga diyakini dapat menghaluskan dan mencerahkan kulit. Industri kecantikan modern seringkali memanfaatkan coklat untuk lulur dan sabun.

Pengolahan coklat
Coklat dapat diolah menjadi beragam bentuk makanan, minuman, produk kesehatan serta kecantikan. Disini akan kita sajikan bagaimana mengolah coklat menjadi camilan yang praktis dan enak. Camilan yang berbahan baku coklat yang banyak dijumpai dipasaran ialah coklat praline. Cara membuat coklat sangat mudah dan tidak diperlukan keahlian khusus. Pun tidak perlu alat-alat khusus, yang membuatnya cocok dipraktikkan dirumah Anda.

Tips Dan Resep Cara Membuat Coklat Praline Enak

Tips Dan Resep Cara Membuat Coklat Praline yang Enak

Sebelum membahas step by step membuat coklat praline, baiknya Anda ketahui dulu bahan baku untuk membuat coklat praline. Coklat praline atau coklat cetak terbuat dari coklat batangan yang dilelehkan dan dituang kedalam cetakan kemudian didinginkan. Coklat batangan yang ada dipasaran ada 2 macam, yaitu coklat compound dan coklat corverture. Perbedaan keduanya ialah pada coklat compound, kandungan lemak coklatnya lebih sedikit dibandingkan dengan coklat corverture yang kadar lemak coklatnya (chocolate butter) tinggi. Harganyapun juga jauh berbeda, bila 1 kilogram coklat compound dihargai 36.000 rupiah, maka untuk coklat corverture mencapai 88.000 rupiah. Dari segi rasa, banyak yang mengakui coklat corverture lebih enak, karena lebih banyak lemak lebih legit pula rasa coklatnya.

Diatas telah kita bahas mengenai jenis coklat menurut kandungan lemak coklatnya. Sekarang jenis-jenis coklat menurut rasanya. Umumnya di toko bahan-bahan kue terdapat lima jenis coklat menurut rasanya, yaitu ekstra dark chocolate, dark chocolate, milk chocolate, white chocolate dan coklat yang berwarna-warni. Bila kita menyukai rasa pahit pada coklat, kita bisa memilih ekstra dark chocolate. Bila kita menyukai perpaduan pahit dan manis, lebih baik memilih dark chocolate. Bila suka yang manis dan milky, pilihlah milk chocolate, bila ingin membuat lollipop coklat yang berwarna-warni, pilihlah coklat dengan beragam warna. Namun bila kita hanya memiliki coklat dark atau white chocolate saja dan ingin mencetak coklat berwarna-warni, kita dapat menambahkan pewarna makanan atau pasta pewarna dengan aroma buah.

Dibawah ini terdapat resep cara membuat coklat praline yang enak, berikut caranya:

Alat dan Bahan:

  • Dark coklat rendah lemak
  • Pewarna makanan/pasta pewarna
  • Cetakan silikon atau cetakan es batu

Cara Membuat Coklat:

  • Cincang coklat batangan menjadi potongan tipis-tipis dan kecil-kecil agar mudah untuk dilelehkan.
  • Lelehkan hingga menjadi cair secara merata, dengan menggunakan mangkuk stainless yang ditaruh didalam panci tim. Usahakan agar permukaan mangkuk stainless tidak terkena air mendidih.
  • Jika sudah terlihat mencair rata dapat ditambahkan dengan pewarna makanan untuk mempercantik penampilan coklat, lalu aduk hingga merata.
  • isian seperti kacang tanah sangrai, kacang mede, kurma, selai blueberry, atau kreasikan dengan taburan kacang almond, wijen atau trimit sesuai selera Anda.
  • Tuangkan dalam cetakan serta dinginkan di dalam kulkas agar mengering secara merata.
  • Tunggu hingga mengering dan coklat bisa dilepas dengan mudah dari cetakan.
  • Tata coklat dalam sebuah toples atau wadah tertutup lain.

Tips Dan Resep Cara Membuat Coklat Praline Enak

Kreasikan sendiri olahan dan bentuk coklat yang Anda sukai di rumah. Semakin sering berkreasi dan melihat contoh-contoh kreasi lain, tentunya akan semakin menambah kreasi Anda dalam olahan coklat ini. Semoga tips Abwaba diatas bermanfaat dan dapat diaplikasikan di rumah Anda.

Tips Dan Resep Cara Membuat Coklat Praline Enak | abwaba | 4.5