Tips Bermain Pokemon GO dari A sampe Z Biar Jadi Master Pokemon!

Kirim artikel ini Kirim artikel ini Print Artikel ini Print Artikel ini

Demam Pokemon GO semakin mewabah! Hingga pihak pemerintahan turun tangan mengambil jalan pelarangan memainkan game Pokemon Go di instansi-instansi! Ya, demikianlah yang kita cermati belakangan ini, Pokemon GO laksana virus ganas yang menular menjangkit setiap kalangan, tidak peduli siapa dan dibelahan dunia yang mana. Tidak terkecuali di Indonesia yang turut serta terjangkit dahsyatnya viralitas game satu ini.

Meskipun Indonesia belum dapat rilisan resmi dari pihak Niantic selaku developer game Pokemon GO karena terkendala masalah teknis dan mau tidak mau harus terus diundur, namun para fans pokemon yang sudah menantikan game ini sejak lama merasa tidak sabar dan memilih download Pokemon GO melalui jalur non-official alias tidak resmi, hal tersebut tentunya agar bisa segera memainkan game Pokemon Go yang paling ditunggu-tunggu ini.

Game Pokemon GO saat ini memang belum banyak tersedia tutorial lengkap atau mungkin bisa dikatakan nyaris tidak ada tutorial Pokemon GO saat pertama kita memainkan, namun demikian game Pokemon GO ini dapat dengan mudah dimengerti, meski kadang bagi yang pertama mengunduh dan memainkannya akan berkata, ga seru hanya mencari Pokeball dan menangkap Pokemon, yang sebenarnya permainan seru akan berlanjut jika pemain Pokemon GO sudah masuk ke level 5. Namun sebenarnya disitupun sudah mulai terasa keseruan bermain Pokemon GO seperti halnya mimpi yang jadi kenyataan, merasakan keseruan berburu Pokemon seperti halnya Satoshi dalam Pokemon Anime.

Namun dikarenakan game Pokemon GO ini baru seumur jagung, maka bagi kamu para trainer pasti sedang memikirkan strategi yang dapat membuat kamu menjadi yang terhebat. Oleh karena itu kami akan membagikan tips dan trik bermain Pokemon GO! Gotcha catch em all!

Berikut Tips Bermain Pokemon GO dari A sampe Z Biar Jadi Master Pokemon! Tips Bermain Pokemon GO yang WAJIB Kamu Tahu!

1. Carilah Pokemon di Tempat-tempat Terkenal

Pokemon GO tempat ramai

Bosan berburu pokemon yang ditemuai Doduo dan Rattata terus, pasti sebal kan? Dalam berburu Pokemon kamu harus menentukan tempat yang efektif. Jika di daerah sekitarmu tidak memungkinkan untuk mendapatkan Pokemon yang bagus, lebih baik kamu pergi ke tempat yang terdeteksi banyak Pokemon bagus.

Carilah informasi dari para pemain lain melalui mulut ke mulut hingga media sosial, soal tempat berburu Pokemon yang recommended. Lebih baik pilihlah lokasi terkenal dan ramai, seperti taman, tempat rekreasi atau tempat bersejarah, biasanya Pokemon kuat terdapat di tempat-tempat seperti ini. Untuk kota Jakarta, kamu bisa langsung menuju Taman Ayodya (ONYX), GBK (Magmar), Monas (Aerodactyl) atau Kebun Binatang Ragunan (EeVee/Seal) untuk mulai memperbanyak variasi Pokemon yang kamu miliki.

2. Manfaatkan Fitur Nearby Secara Efektif dan Efisien

Pokemon GO Fitur Nearby

Saat pertama bermain game Pokemon GO, mungkin kamu akan langsung keranjingan untuk berburu dan menangkap Pokemon terus menerus. Ini sebenarnya bagus, namun untuk seterusnya kamu perlu menerapkan trik dan strategi. Fitur nearby, merupakan fitur yang berguna untuk mendeteksi ada Pokemon apa saja yang ada di sekitarmu dengan menampilkan siluet Pokemon jika belum kamu tangkap atau gambar Pokemon seperti biasa jika sudah pernah kamu tangkap serta jejak kaki yang menerangkan jarak Pokemon dari tempatmu berdiri.

Biasanya Pokemon akan terdeteksi jika berjarak tiga ratus meter atau bergambar tiga jejak kaki, karena satu jejak kaki terhitung seratus meter dari tempatmu berada, semakin sedikit jejak kaki, maka Pokemon semakin dekat denganmu, jadi tentukanlah arah yang benar saat kamu sedang berburu.

3. Perhatikan Sekitar Saat Berburu Pokemon

Dalam berburu Pokemon, mungkin kamu sering bertanya-tanya ke arah mana tepatnya kamu harus berjalan. Oleh karena itu, perhatikanlah di sekitar tempat karaktermu berdiri pada smartphone kamu. Jika kamu menemukan animasi semacam dedaunan (rustle) yang berterbangan di sekitar daerah tempatmu berburu, itu merupakan tanda-tanda hadirnya Pokemon.

Perhatikan juga PokeStop di sekitarmu, apakah ada animasi dedaunan berwarna merah muda, jika ada, pergilah ke PokeStop tersebut, karena ada pemain yang memasang umpan Lure dan bisa dipastikan, di sana akan banyak berdatangan Pokemon yang bisa kamu tangkap.

4. Kumpulkan Pokeball

Pokemon GO Pokeball Pokestop

Pokeball Pokemon GO

Pokeball adalah item yang penting untuk berburu Pokemon, karena tanpa Pokeball kita tidak bisa menangkap Pokemon. Kumpulkan Pokeball di PokeStop yang kamu temui, namun jika jarak antar PokeStop jauh dan membuat kamu lelah, kamu bisa berdiam di satu PokeStop saja untuk mengumpulkan Pokeball, karena PokeStop akan kembali aktif sekitar lima menit sekali, jadi kamu dapat menghemat tenagamu.

Latih juga cara kamu dalam melempar Pokeball untuk selalu tepat sasaran agar Pokeball kamu tidak terbuang sia-sia. Kamu boleh mendahulukan untuk menangkap Pokemon yang belum pernah kamu miliki untuk mendulang banyak XP dan memastikan pemakaian Pokeball lebih efektif. Namun ada baiknya kamu jangan pilih-pilih ketika menangkap Pokemon.

Saat kamu berada dalam mode menangkap Pokemon, janganlah terburu-buru melempar Pokeball dan pastikan tepat sasaran, jika memungkinkan dapatkanlah predikat Nice, Great, atau Excellent dengan mengenai sasaran lingkaran yang bergerak untuk tambahan XP. Kamu juga bisa memutar Pokeball-mu sebelum melemparnya untuk mendapatkan XP.

5. Gunakan Item Secara Efektif

Dalam Pokestop kamu tidak hanya akan mendapatkan Pokeball saja, kamu juga bisa mendapatkan telur dan item-item berguna seperti, Revive untuk menghidupkan Pokemon yang mati dan menambahkan sekitar lima puluh persen darah; Potion untuk mengisi darah Pokemon; Lucky Egg untuk menambah XP sebanyak tiga puluh persen; Incense untuk umpan Pokemon yang dipasang di karaktermu; Lure Module untuk umpan Pokemon yang dipasang di PokeStop; Razz Berry untuk menenangkan Pokemon sebelum melempar Pokeball; dan Incubator untuk menetaskan telur.

Mungkin seiring berjalannya waktu, item-item baru akan ditambahkan oleh Niantic. Untuk penggunaan item Revive, Potion, Lucky Egg, dan Incubator kamu dapat langsung mengerti, namun lain halnya dengan Incense, Lure, dan RazzBerry. Kamu perlu sedikit trik dalam menggunakannya agar mendapatkan hasil yang efektif. Dalam menggunakan Incense dan Lure, sebelumnya lihatlah pada fitur nearby, Pokemon apa saja yang terdeteksi, jika terdapat banyak Pokemon dan termasuk Pokemon kuat bahkan langka, maka barulah kamu gunakan item ini.

Kemudian untuk penggunaan item Razz Berry sebenarnya cukup mudah, kamu hanya cukup sentuh item saat mode menangkap Pokemon, pilih dan lemparkan ke Pokemon. Namun, tidak setiap Pokemon kamu perlu menggunakan item ini, lihatlah warna lingkaran pada Pokemon dengan menekan Pokeball, jika berwarna orange atau merah gunakanlah item ini untuk merubah warnanya menjadi kuning atau hijau, kamu akan lebih mudah menangkap Pokemon tersebut. Pilih juga Pokemon langka atau Pokemon yang kuat untuk penggunaan item ini.

6. Berburu Bersama Lebih Baik dan Lebih Aman

Berburulah bersama kawan-kawan sesama pemain Pokemon GO, karena dengan demikian berburu Pokemon akan menjadi lebih menyenangkan dan berkesan. Selain itu kamu juga bisa menghemat penggunaan item Lure Module, karena satu Lure Module efeknya juga bisa dirasakan pemain lain. Lalu kamu juga bisa saling bahu membahu merebut Gym dengan menyerang Gym secara bersama-sama. Apalagi jika kamu bisa berburu bersama pacar. Ups!

7. Jangan Gunakan Kendaraan Bermotor

Lelah jika harus berjalan kaki saat berburu Pokemon, dan memutuskan memakai kendaraan bermotor pribadi? Lebih baik kamu urungkan niat kamu memakai kendaraan bermotor pribadimu, karena progres jarakmu bisa tidak terhitung dalam game. Hal ini juga akan berakibat pada telur yang kamu dapat akan membutuhkan waktu yang lama untuk menetaskannya. Dalam game Pokemon GO kecepatan jarak yang dapat terdeteksi maksimal dua puluh kilometer per jam, yang artinya kecepatan di atas itu tidak akan terekam dalam progres jarakmu.

Namun, jika kamu lelah harus berjalan kaki, kamu bisa memanfaatkan kendaraan berkecapatan di bawah dua puluh kilometer per jam seperti sepeda, sepatu roda, atau skateboard. Lalu ada sedikit trik sederhana, jika di incubator kamu membutuhkan sedikit lagi jarak untuk menetaskan telur namun, kamu terlalu lelah untuk meneruskan perjalanan, kamu bisa memutar-mutar smartphone kamu beberapa kali dan voila!!! Telur kamu menetas.

8. Utamakan Leveling Terlebih Dahulu

Dalam game Pokemon GO terdapat sistem leveling dengan menggunakan materi XP sebagai acuan menaikkan level. Level di sini juga menentukan besaran CP atau Combat Power dari Pokemon dan juga tingkat kesulitan menangkap Pokemon. Semakin tinggi level kamu, semakin besar juga kemungkinan mendapatkan Pokemon yang lebih kuat dengan mudah.

Jika levelmu masih rendah, kumpulkanlah XP dengan menangkap Pokemon baru setiap kali berburu, karena setiap Pokemon baru mendapatkan enam ratus XP, sedangkan untuk Pokemon yang sama kamu hanya mendapatkan seratus XP. Saat melempar Pokeball, usahakan mendapatkan predikat Nice, Great atau Excellent untuk mendapatkan tambahan XP. Kamu juga harus rajin mengunjungi PokeStop, selain mendapatkan item kamu juga bisa mendapatkan XP sebanyak lima puluh. Selain itu memenangkan pertandingan dan menaruh Pokemon di Gym juga bisa mendapatkan XP. Yang terakhir bisa kamu dapatkan dari evolusi dan menetaskan telur.

Kamu juga bisa melakukan sebuah trik, jika kamu memiliki item Lucky Egg yang berguna meningkatkan XP tiga puluh persen selama tiga puluh menit, kombinasikanlah pemakaian item ini dengan item Lure Module atau Incense, lalu tangkap Pokemon sebanyak-banyaknya yang kamu bisa, hal ini akan meningkatkan pendapatan XP-mu secara drastis.

9. Perhatikan Dengan Teliti Informasi Pokemon yang Kamu Punya

Saat kamu sentuh Pokemon yang kamu punya, maka akan keluar informasi seperti parameter CP, elemen, ukuran, habitat, tombol Power Up, tombol Evolve, Skill dan Skill spesial. Perhatikan secara seksama dan ingatlah baik-baik informasi ini.

Dari informasi ini kamu juga bisa menentukan kekuatan Pokemon dari parameter CP yang tertera. Jika parameter terdapat di kanan itu merupakan CP maksimal dari Pokemon tersebut, walaupun sudah maksimal, CP tetap bisa bertambah seiring kenaikan level trainer. Jika masih ada di kiri atau di setengah parameter berarti kamu bisa memprediksi berapa CP maksimal dari Pokemon tersebut, dan kamu bisa memperkirakan Pokemon tersebut cocok atau tidak untuk dijadikan Pokemon utama.

Setiap Pokemon memiliki skill yang berbeda dari informasi yang tertera meskipun Pokemon tersebut sama. Jadi kamu bisa menimbang-nimbang dalam mentransfer salah satu Pokemon, jika kamu memiliki lebih dari satu Pokemon yang sama.

10. Power Up

Kamu bisa memperkuat Pokemon yang kamu punya dengan melakukan Power Up, dengan menggunakan Stardust yang dapat dikumpulkan saat menangkap Pokemon dan bertahan di Gym. Semakin kuat Pokemon kamu, kamu dapat sulit dikalahkan dan dapat bertahan lama di dalam Gym.

Melakukan Power Up harus secara efektif agar tidak menyia-nyiakan Stardust. Lakukan Power Up pada Pokemon evolusi terakhir dan yang dapat diprediksi CP maksimalnya besar. Jika sekiranya kamu memiliki beberapa Pokemon CP besar dengan elemen yang mirip, pilih CP tertinggi dengan nilai serangan terbesar (15 ke atas).

11. Evolusi

Pokemon yang kita punya dapat kita evolusikan dengan menggunakan item Candy sebanyak yang tertera di informasi Pokemon yang akan kita evolusi. Pokemon yang sudah di-evolusi akan bertambah CP-nya dari evolusi sebelumnya. Pokemon hasil evolusi sendiri punya kelebihan dibanding Pokemon liar dari faktor CP maksimal.

Namun, dalam evolusi Pokemon kita tidak bisa asal evolusi Pokemon, karena bisa jadi kita mendapatkan hasil yang kurang baik. Pilihlah Pokemon yang setidaknya mendekati CP maksimal, agar kita mendapatkan hasil evolusi yang bagus.

12. Dapatkan Pokemon dari Telur yang Sesuai dengan Keinginan.

Jika kamu mendapatkan telur dari PokeStop, kamu bisa menetaskannya dalam Incubator yang kamu punya. Jalanlah sesuai jarak yang ditentukan oleh setiap telur. Dari telur tersebut kita akan mendapatkan Pokemon secara random.

Sebenarnya Pokemon yang kita dapat dari telur dapat kita tentukan elemennya sesuai keinginan dengan sedikit trik sederhana. Lihatlah ke Incubator. Jika sedikit lagi jarak yang diperlukan untuk menetaskan telur, matikan game lalu berjalanlah ke tempat yang berhabitat sesuai elemen yang kamu inginkan. Misal, kamu menginginkan Pokemon bertipe air, kamu bisa mencari daerah dekat sungai untuk tempat menetaskan telur. Kembali nyalakan, dan voila!

Satu trik menarik yang pernah dialami oleh salah seorang penulis adalah ketika ia tak sengaja menetaskan telur di Stasiun Kereta Api. Disana telur yang menetas menghasilkan Pikachu! Patut dicoba, siapa tahu kamu juga bisa. /sumber: jalantikus.

Tips Bermain Pokemon GO dari A sampe Z Biar Jadi Master Pokemon! | abwaba | 4.5