Resep Masakan Jawa Barat

Kirim artikel ini Kirim artikel ini Print Artikel ini Print Artikel ini

Resep Masakan Jawa Barat – Indonesia terdiri dari banyak pulau, sehingga disebut sebagai negara kepulauan. Ada pulau Jawa, Bali, Sumatra, Kalimantan, Papua, Madura, dan masih banyak lagi. Nah, kali ini kita akan membahas mengenai Resep Masakan salah satu provinsi yang berada di pulau Jawa, tepatnya di provinsi Jawa Barat. Provinsi yang satu ini idemntik dengan masakan khasnya yang sangat terkenal, tidak hanya di Jawa Barat saja namun hingga ke berbagai daerah. Tahukah anda masakan khas ini? Jika membicarakan masakan khas di Jawa Barat, pastinya anda teringat akan masakan khas Sunda. Walaupun sering disebut sebagai masakan khas Sunda, tapi masakan khas ini tidak hanya disukai oleh orang Sunda, akan tetapi di luar daerah Jawa Barat juga banyak sekali yang gemar akan masakan khas yang satu ini, yaitu Nasi Tutug Oncom.

resep masakan jawa barat, resep masakan sunda, resep dan cara membuat nasi tutug oncom

Resep Masakan Jawa Barat

Masakan nasi tutug oncom adalah salah satu masakan khas asli Jawa Barat yang telah ada sejak dulu dan menjadi suatu kuliner khas sampai sekarang. Yang paling unik dari masakan ini adalah cara pembuatannya, yaitu dengan mengukus nasi di dalam bamboo dan diberi bumbu oncom.  Tapi mungkin sekarang ini telah jarang menggunakan bambu. Akan tetapi rasa khas oncomnya tak pernah hilang sampai sekarang.

Nasi tutug oncom ini sangat banyak  dijumpai di rumah makan khas Sunda sampai dengan restoran mewah. Tak hanya orang Sunda yang gemar akan masakan ini, tapi para wisatawan yang datang berkunjung ke  Bandung dan sekitarnya pasti mencari nasi tutug oncom ini untuk dinikmati bersama dengan keluarga. Nasi tutug oncom ini pada umumnya disajikan diatas piring yang beralas daun pisang, dan ditemani dengan ayam goreng atau ayam bakar, sambal terasi dan lalaban, serta tak ketinggalan pula tahu dan tempe. Walaupun terkesan sederhana, tapi rasa khas dari oncom inilah yang menjadi ciri utamanya.

Bagi anda yang gemar dengan masakan khas satu ini dan ingin meraciknya sendiri dirumah, anda dapat melakukannya dengan mengikuti cara membuat nasi tutug oncom yang akan Abwaba paparkan di bawah ini. Bagi anda yang ada diluar Jawa Barat, anda masih bisa menikmati nasi tutug oncom kapan pun anda mau. Berikut resepnya :

Bahan :

  • Nasi putih hangat
  • 4 siung bawang merah
  • 2 cm kencur
  • 5 buah cabai rawit
  • 1 papan oncom
  • Garam dan gula pasir secukupnya

Bahan Pelengkap:

  • Lalapan
  • Ikan asin goreng
  • Ayam goreng/bakar, sesuai selera
  • Sambal terasi/goang, sesuai selera
  • Tahu dan tempe goreng
  • Kerupuk

Cara Membuat Nasi Tutug Oncom :

  1. Panggang oncom sampai berbau harum, kemudian tumbuk kasar. Sisihkan.
  2. Haluskan bawang merah, kencur serta cabai rawit. Lalu tambah oncom dan aduk sampai rata.
  3. Sangrai oncom di wajan yang sudah di panaskan, aduk sampai oncom kering. Tambah garam serta gula pasir secukupnya, kemudian aduk sampai merata. Angkat.
  4. Campurkan nasi hangat dan oncom, tumbuk (tutug) sampai tercampur rata seluruhnya.
  5. Hidangkan selagi masih hangat bersama dengan bahan pelengkapnya.

Baca juga : Resep dan Cara Membuat Siomay Bandung

Resep Masakan Jawa Barat

Resep Masakan Jawa Barat diatas sungguh sangat mudah untuk anda praktekkan dirumah. Anda juga dapat menikmati masakan khas Jawa Barat ini kapan pun anda mau. Anda dapat meracik sambal sesuai selera anda masing-masing atau mengganti bahan pelengkapnya. Semoga ulasan Resep Masakan Jawa nasi tutug oncom ini dapat bermanfaat bagi anda.

Resep Masakan Jawa Barat | abwaba | 4.5