Resep dan Cara Membuat Puding Buah

Kirim artikel ini Kirim artikel ini Print Artikel ini Print Artikel ini

Puding Buah

Resep Puding Buah – Kita mengenal berbagai jenis dessert atau hidangan penutup yang sering disajikan dimeja makan, dan salah satunya adalah pudding. Puding mempunyai bentuk tampilan yang mirip dengan agar-agar, tapi umumnya mempunyai tekstur yang lebih lembut yang diberi perisai vanilla, coklat, caramel, maupun buah-buahan. Cara untuk membuat pudding pun beragam, ada yang direbus, dipanggang, maupun dikukus. Untuk bahan bakunya, umumnya memakai tepung maizena, telur, tapioca, susu/yogurt yang didinginkan sebelum dihidangkan. Tetapi, tak jarang pula pudding menggunakan bahan dasar agar-agar yang dicampur tepung maizena, susu serta telur dan disajikan dengan saus yang disebut vla.

Puding terdiri atas puding roti yang berbahan dasar roti yang dipanggang maupun dikukus dan puding yang dibuat dengan dipanggang maupun dikukus, dan nnampak seperti kue bolu dengan berbagai macam varian rasa. Umumnya puding disajikan sebagai dessert pada beberapa restoran, tetapi tak  jarang juga yang menikmatinya kapanpun dan dimanapun. Selain dihidangkan pada beberapa restoran maupun toko kue, swalayan pun banyak yang menjual tepung puding instan dalam bentuk kemasan yang mempermudah orang membuat puding karena hanya dengan mencampurkan susu atau air panas.

Puding pun termasuk camilan si kecil yang belum mempunyai  gigi atau belum diperbolehkan dalam mengkonsumsi makanan bertekstur keras, karena puding mempunyai tekstur sangat lembut. Apabila Anda gemar mengkonsumsi puding untuk camilan sehat, maka sebaiknya Anda mempunyai puding buah dengan potongan buah yang sesuai selera Anda, sebab puding dapat menjadi suatu pilihan alternatif khususnya untuk Anda yang tengah menjalani program diet. Tak perlu pergi jauh pada toko kue, Anda pun dapat membuat puding buah sendiri dirumah dengan buah-buahan yang sesuai selera serta kebutuhan Anda.

Anda tertarik untuk membuatnya? Namun Anda masih merasa bingung dengan bahan dan cara pembuatannya? Simak langsung Resep Puding Buah beriikut ini.

Bahan:

  •     550 ml air putih
  •     1 bungkus puding agar-agar instan dengan warna putih
  •     100 gr gula pasir
  •     300 gr buah kalengan, dan tiriskan atau untuk lebih sehatny bisa menggunakan beberapa potongan dari buah segar, atau sesuai selera
  •     550 ml susu cair
  •     1 bungkus puding agar-agar instan dengan warna merah
  •     100 gr gula pasir
  •     Esens stroberi atau rasa buah lain, sesuai selera

Bahan untuk Saus/vla:

  •     250 cc susu cair
  •     50 gr gula pasir
  •     1 butir telur, ambil bagian kuningnya
  •     1 sdt tepung maizena
  •     1/2 sdt vanili bubuk
  •     Garam secukupnya

Cara untuk membuat Puding Buah:

  1.     Siapkan loyang cetakan puding kemudian dibasahi dengan sedikit air.
  2.     Masak agar-agar (putih/merah)  dalam air, dan masukkan gula pasir serta buah kalengan dan aduk seluruh bahan sampai tercampur dengan rata.
  3.     Setelah mendidih, kemudian angkat adonan dan tuang dalam Loyang/ cetakan puding yakni sekitar setengah cetakan. Biarkan sampai membeku. Sisihkan.
  4.     Masak susu cair, gula pasir, serta sisa agar-agar sampai mendidih sambil diaduk dengan perlahan. Angkat.
  5.     Masukkan perasa buah esens stroberi dan aduk rata.
  6.     Tuang pada atas permuakaan puding yang sudah membeku.
  7.    Simpan puding dalam freezer sampai puding membeku dengan rata.
  8.     Angkat pudding kemudian potong sesuai selera.

Cara untuk membuat Saus Puding/vla:

  1.     Masukkan susu, gula pasir, tepung maizena, garam serta vanili dalam panci dan rebus sampai mendidih.
  2.     Ambil 1 sendok rebusan dari susu dan beri kuning telur. Aduk rata.
  3.     Tuang kembali campuran dari kuning telur dalam rebusan susu. Rebus kembali sampai mendidih serta mengental, sambil diaduk terus supaya tidak hangus.
  4.     Angkat, dinginkan.

Puding buah pun siap disajikan dilengkapi siraman vla. Puding paling nikmat disajikan saat dingin.

Inilah Resep Puding Buah yang dapat Anda terapkan sendiri dirumah. Sekian ulasan dari kami, selamat berkreasi.

Resep dan Cara Membuat Puding Buah | abwaba | 4.5