Resep dan Cara Membuat Pentol Bakso Daging

Kirim artikel ini Kirim artikel ini Print Artikel ini Print Artikel ini

Pentol Bakso Daging

Resep Pentol – Ketika musim hujan seperti saat ini memang paling cocok jika menikmati hidangan makanan berkuah hangat dengan rasa yang pedas, salah satunya adalah bakso. Di musim hujan seperti saat ini jajanan bakso memang banyak dicari oleh kebanyakan masyarakat untuk menghangatkan tubuh dan tidak jarang ketika musim dingin memang paling pas menikmati makanan berhuah dengan rasa yang pedas. Di beberapa daerah memang memiliki sajian bakso yang berbeda dan cukup unik, salah satunya di kota Surabaya. Surabaya tidak hanya terkenal dengan ragam kulinernya, seperti rujak cingur, lontong kupat dan lontong balap saja, melainkan terkenal pula dengan kulinernya yang diberi nama Pentol.

Pentol adalah sebutan untuk sejenis bakso dengan komposisi daging yang lebih sedikit dibanding baksonya. Bahkan untuk membuat pentol kadang hanya berupa tepung kanji  yang disajikan dengan tahu ‘siomay’,  pangsit dan telur puyuh. Pentol umumnya disajikan bersama saus, kecap maupun sambal kacang sesuai selera . Pentol bakso termasuk salah satu jajanan yang mudah dijumpai di pinggir-pinggir jalan bahkan pada beberapa cafe dalam sebuah mall daerah Surabaya. Jajanan khas ala Surabaya sangat cocok dinikmati ketika udara dingin maupun pada musim hujan.

Bagi Anda yang suka akan kuliner khas Surabaya dan Anda ingin menikmatinya sewaktu-waktu, tetapi Anda berada jauh dari kota Surabaya, Anda tak perlu khawatir, Anda bisa membuatnya sendiri dirumah. Anda tertarik untuk membuatnya? Namun Anda tidak tahu akan bahan dan cara membuatnya? Simak Resep Pentol Bakso Daging berikut ini.

Bahan :

  •     250 gr daging sapi giling
  •     125 gr tepung kanji
  •     25 cc air
  •     2 siung bawang putih yang dihaluskan
  •     Merica bubuk secukupnya
  •     Garam secukupnya

Bahan untuk Kuah :

  •     750 cc kaldu sapi
  •     Merica bubuk secukupnya
  •     Garam secukupnya
  •     1 batang daun bawang yang diiris tipis

Cara untuk membuat Pentol Bakso:

  1.     Campur daging sapi giling halus bersama dengan tepung kanji, bawang putih halus, merica bubuk, dan garam. Uleni adonan dan tambah sedikit demi sedikit air sambil diuleni terus sampai adonan licin. Sisihkan.
  2.     Didihkanlah air dalam panci yang berukuran besar, dan atur api sampai air tak bergolak lagi.
  3.     Ambilah adonan secukupnya dan kepal dengan tangan sampai adonan keluar dari genggaman Anda dan sendoki. Celupkan dalam air mendidih. Anda pun dapat membuat bentuk pentol yang besar maupun pentol kecil sesuai  selera. Lakukan sampai adonan habis.
  4.     Rebus pentol bakso kira-kira dalam 10 menit sampai pentol mengambang pada permukaan air, saring, tiriskan.

Cara untuk Membuat Kuah Bakso:

  1.     Didihkan air beserta kaldu ayam. Tambahkan garam dan merica, aduk rata.
  2.     Tambahkan pentol bakso, didihkan sampai seluruh bumbu meresap.
  3.     Angkat, sajikan dengan taburan daun bawang.

Pentol bakso paling pas dinikmati selagi hangat dengan saus sambal maupun sambal kacang, sesuai selera. Dengan Resep Pentol bakso ini, Anda bisa membuat pentol bakso khas dari Surabaya sendiri tanpa pergi jauh-jauh ke Surabaya.

Inilah Resep Pentol Bakso Daging yang cukup mudah untuk Anda terapkan dirumah. Selamat berkreasi dengan resep dari kami.

Resep dan Cara Membuat Pentol Bakso Daging | abwaba | 4.5