Nasi di Rice Cooker Cepat Basi? Ini Solusinya!

Kirim artikel ini Kirim artikel ini Print Artikel ini Print Artikel ini

Apa penyebab Nasi di Rice Cooker cepat basi? Apakah karena berasnya yang jelek? atau karena kualitas rice cooker atau magic com nya yang murahan? Ternyata bukan keduanya ibu-ibu sekalian!

Sebagus dan semahal apapun apapun kualitas beras serta rice cooker yang Anda miliki, jika tidak melakukan hal-hal berikut ini, maka dijamin nasi putih di rice cooker akan selalu cepat basi, apakah itu berair, berubah warnanya menjadi kekuningan, atau berbau tidak sedap.

1. Jaga Kebersihan.

Menjaga kebersihan penanak nasi listrik, baik bagian luar ataupun bagian yang bersentuhan langsung dengan nasi (pot). Penanak nasi kotor akan mengundang bakteri penyebab nasi cepat basi. Solusinya:

  • Cuci pot setiap kali nasi habis atau setiap kali hendak menanak.
  • Lepaskan bagian karet yang terdapat pada tutup dan katup uap rice cooker, cuci bersih secara berkala, minimal satu minggu sekali atau setiap kali terlihat kotor.
  • Bersihkan pula bagian tepian dalam atas rice cooker dari sisa remah-remah nasi atau debu. Tentu bagian ini tidak dapat dicuci dengan air dan sabun. Cukup gunakan lap atau tisu basah, lalu keringkan.
  • Tidak lupa, bersihkan secara rutin bagian permukaan luar rice cooker agar tidak terlihat menjijikkan.

2. Jaga agar POT tidak tergores

Pastikan bagian pot tidak tergores, terutama jika lapisan pot rice cooker tidak terbuat dari pelapis keramik yang relatif lebih tahan dari goresan. Goresan pada lapisan antilengket, setipis dan sekecil apapun, akan memberi peluang bakteri hidup di sana dan merusak nasi.

3. Jangan meninggalkan sendok nasi di dalam rice cooker.

Anda tidak pernah tahu pasti apakah tangan dalam keadaan bersih atau tidak, bukan? Pilihan terbaik, Anda bisa meletakkan sendok nasi di luar, tapi dalam wadah tertutup atau di dalam plastik bening.

Sumber: MSN

Nasi di Rice Cooker Cepat Basi? Ini Solusinya! | abwaba | 4.5