Manfaat Teh Hijau untuk Kecantikan Kulit Wajah dan Kesehatan

Kirim artikel ini Kirim artikel ini Print Artikel ini Print Artikel ini

Manfaat Teh Hijau untuk Kecantikan Kulit dan Kesehatan – Teh adalah tanaman yang kaya akan manfaat. Selain dibuat sebagai minuman yang menyegarkan, tanaman the juga mempunyai banyak manfaat lain. Banyak jenis the yang dapat kita konsumsi dengan berbagai manfaatnya masing-masing. Salah satu tanaman teh yang mempunyai banyak manfaat adalah teh hijau. Teh hijau adalah jenis the yang dibuat dari petikan daun teh Camellia Sinensis dan kemudian diproses dengan pengeringan untuk mencegah terjadinya oksidasi. Dengan kandungan anti oksidannya, the hijau memiliki banyak sekali manfaat untuk kecantikan maupun kesehatan tubuh. Selain itu, kandungan akan vitamin, theophyline, theobromine, dan saponinnya mampu melawan infeksi serta menjaga suhu tubuh agar tetap optimal.

Manfaat teh hijau dalam segi kecantikan diantaranya untuk mencegah keriput, kanker, memperlambat penuaan, melindungi kulit dari cahaya matahari, mengatasi jerawat, serta masih banyak lagi. Untuk menggunakannya cukup mudah. Pertama, dengan meminumnya, dan kedua dengan menggunakan ampasnya. Selain itu, masih banyak manfaat dari the hijau ini. Anda penasaran? Simak dibawah ini.

Manfaat Teh Hijau

manfaat teh hijau, khasiat teh hijau

1. Melindungi Kulit dari Cahaya Matahari
Bagi Anda yang sering melakukan aktivitas luar rumah, maka the hijau adalah solusi utama untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Caranya dengan menyeduh 2 sendok makan teh dan diamkan sampai dingin. Kemudian, saring air the dengan kain lembut. Diamkan sampai mengering. Untuk hasil lebih baik lakukan pengompresan 30 menit sebelum Anda beraktivitas diluar rumah.

2. Melembabkan Kulit Kering
Anda mempunyai masalah dengan kulit kering? Teh hijau dapat membantu Anda mengatasinya. Dengan membuat masker yang dicampuri lemon dan oatmeal, maka kulit kering Anda akan menjadi lembab. Caranya dengan mencampur beberapa sendok air the dan jeruk lemon ke dalam 3 sendok oatmeal. Usapkan pada seluruh wajah dan beri pijatan ringan dengan gerakan memutar. Diamkan 15 menit, dan basuh dengan air.

3. Mengatasi Jerawat serta Kulit Berminyak
Selain untuk minuman, teh hijau mempunyai kegunaan dalam mengatasi kulit berminyak dan mengatasi jerawat. Caranya cukup mudah. Tuangkan the hijau ke dalam cetakan es, dan simpan dalam lemari es. Setelah membeku, usapkan pada wajah Anda dengan merata setiap harinya dan biarkan hingga mengering. Sedangkan untuk mengatasi jerawat, Anda bisa menggunakan kantong teh dan mengompreskannya pada jerawat Anda, atau dengan menggunakan masker teh yang dicampuri putih telur.

4. Mencegah kanker kulit
Antioksidan dalam teh hijau berguna mencegah kanker kulit. Karena, antioksidan dalam the hijau meghalangi enzim berbahaya atau hal lain yang menyebabkan kanker.

5. Memperbaharui sel-sel kulit
Komponen alami didalam teh hijau dapat berfungsi untuk  proses pembaharuan sel dalam tubuh. Sel-sel keratinocytes biologis didukung senyawa polifenol yang terdapat dalam teh hijau yang mensintesis DNA serta mencegah penuaan dini sel.

6. Mencegah Bau Napas yang Tak Sedap
Teh hijau mempunyai  anti bakteri alami yang mampu membunuh bakteri hidup dalam mulut sehingga akan menyebabkan bau pada mulut.  Anda bisa mencoba menghilangkan bau mulut tersebut dengan teh hijau. Caranya dengan berkumur-kumur menggunakan teh hijau atau meminum seteguk teh hijau. Hal ini dimaksudkan membantu untuk mencegah bau nafas yang tak sedap. Usahakan kekentalan pada teh pas yakni 1 kantong teh untuk 1 cangkir.

7. Facial Scrub
Teh hijau juga berguna untuk facial scrub, tepatnya untuk melembutkan serta menghaluskan kulit wajah. Caranya dengan mencampurkan 1 sendok teh cornmeal dan teh chamomile dan gunakan sebagai scrub. Gosok lembut di permukaan wajah. Biarkan mengering, dan bilas dengan air hangat. Untuk Anda yang  berkulit sensitif, sebaiknya menghindari cara ini.

8. Menghilangkan kantung mata
Manfaat lain teh hijau adalah menghilangkan kantung mata atau yang disebut sebagai mata panda akibat kurangnya tidur. Caranya dengan menyeduh teh hijau yang murni dengan air panas dalam 10 menit, dan sisihkan serta simpan dalam lemari es. Celupkan sepotong kapas pada larutan teh dan tempelkan di kelopak mata Anda selama 10 menit. Anda pun dapat menggunakan kantung teh celup yang bekas pakai, yang mana sebelumnya telah didinginkan dalam lemari es.

Baca juga: Manfaat untuk Kesehatan dan Kecantikan buah Semangka bagi wanita

Manfaat Teh Hijau

Tanaman teh mempunyai banyak khasiat yang bermanfaat untuk berbagai hal dalam kesehatan maupun kecantikan.  Demikian artikel mengenai khasiat serta manfaat teh hijau, semoga bermanfaat.

Manfaat Teh Hijau untuk Kecantikan Kulit Wajah dan Kesehatan | abwaba | 4.5