Manfaat serta Khasiat Ampuh Daun Pepaya untuk Kesehatan

Kirim artikel ini Kirim artikel ini Print Artikel ini Print Artikel ini

Khasiat Daun Pepaya – Buah-buahan adalah salah satu jenis makanan menyehatkan yang banyak disukai dan juga dikonsumsi banyak orang. Rasanya yang enak dan bermacam-macam membuat banyak orang tidak pernah bosan untuk menikmatinya. Terlebih kandungan yang terdapat dalam buah mempunyai manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah buah papaya. Buah papaya adalah salah satu buah yang familiar, mudah dijumpai dan harganya sangat murah. Selain itu, rasanya yang manis dan khasiatnya yang sangat baik untuk kesehatan membuat banyak orang menyukainya.

Ternyata, selain buahnya,  daun dari buah pepaya juga mempunyai banyak gizi yang amat baik untuk kesehatan tubuh. Apa sajakah kandungan tersebut? Tentunya Anda ingin mengetahuinya, bukan? Daun pepeya mempunyai getah yang dapat dijumpai pada batang, buah serta getah tersebut mempunyai kandungan enzim yang bernama papain. Enzim papain ini adalahenzim sejenis protoase yang mampu melunakan daging serta mengubah konformasi protein. Tidak hanya itu saja, terdapat pula beberapa kandungan zat lain, seperti vitamin A, C, B1, kalsium, protein, lemak, fosfor, air, kalori, serta carposide yang berfungsi sebagai obat cacing.

Khasiat Daun Pepaya

khasiat daun pepaya

Manfaat serta Khasiat Ampuh Daun Pepaya

Semua kandungan diatas dapat memberikan banyak khasiat maupun manfaat yang baik untuk tubuh. Bahkan, tidak hanya itu saja, terdapat banyak manfaat serta khasiat dari daun pepaya. Untuk itu, simak artikel Abwaba.com berikut tentang manfaat serta khasiat ampuh daun papaya berikut.

1. Anti Kanker
Berdasarkan hasil beberapa penelitian, dijumpai bahwa daun papaya mempunyai  banyak kandungan getah putih yang dikenal dengan nama white milky latex. Getah ini dapat dikembangkan menjadi antikanker. Bahkan, seperti yang dikutip dari Journal Society og Biology, bahwa getah pepaya secara otomatis akan diperoleh ketika kita mengkonsumsi daun pepaya.

2. Mengobati Demam Berdarah
Untuk Anda yang terserang gejala demam berdarah, dianjurkan mengkonsumsi daun papaya, sebab daun papaya mempunyai kandungan yang mampu menetralkan gejala demam berdarah. Lalu bagaimana acaranya? Caranya, campurkan 5 lembar daun pepaya dengan temulawak, beserta meniran dan gula merah, kemudian rebus hingga seluruh bahan matang. Dinginkan dan minum.

3. Melancarkan Pencernaan
Untuk memakan langsung daun pepaya tentunya  menimbulkan rasa pahit. Akan tetapi, meskipun rasanya pahit ternyata daun pepaya amat baik dalam melancarkan pencernaan. Hal ini dikarenakan daun pepaya mengandung zat karpain, dimana zat ini adalah kandungan zat kimia yang mampu membasmi berbagai mikroorganisme jahat yang mengganggu system pencernaan. Oleh dari itu, dianjurkan mengkonsumsi daun papaya secara rutin untuk menjaga system pencernaan.

4. Mengontrol Tekanan Darah
Kesehatan pastinya akan terganggu apabila tekanan darah sangat tinggi. Tetapi, daun pepaya mampu berperan sebagai obat penurun tekanan darah tinggi atau yang dikenal dengan istilah hipertensi.  Caranya, rebus  lima lembar daun pepaya dengan 1/2 liter air. Rebus hingga  air tersisa seperempat, kemudian dinginkan. Setelah dingin, Anda dapat meminumnya. Anda juga dapat menambahkan madu maupun gula merah untuk memberikan rasa manis.

Manfaat Khasiat Daun Pepaya Untuk Kesehatan

Demikian Manfaat serta Khasiat Ampuh Daun Pepaya dari Abwaba, semoga dapat menambah pengetahuan Anda tentang khasiat buah-buahan, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Manfaat serta Khasiat Ampuh Daun Pepaya untuk Kesehatan | abwaba | 4.5