Manfaat serta Khasiat Ampuh Buah Tomat bagi Kesehatan

Kirim artikel ini Kirim artikel ini Print Artikel ini Print Artikel ini

Khasiat Tomat – Seperti yang kita ketahui, berbagai macam tanaman yang dijadikan konsumsi sehari-hari tentunya mempunyai manfaat serta khasiat tersendiri, terutama untuk masalah kesehatan. Salah satu tanaman tersebut adalah tomat. Tomat adalah tanaman yang sering digunakan oleh ibu-ibu untuk memasak atau pelengkap masakan di dapur. Buah tomat ini asalnya dari Amerika Selatan dan Tengah, dan juga berasal dari Meksiko dan Peru. Untuk pertumbuhannya, tomat mengalami fase tumbuh yang cukup singkat. Tanaman tomat dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 1-3 meter. Di negara Indonesia sendiri, tomat sangat mudah dijumpai. Selain dijual di pasaran, tomat juga merupakan tanaman yang dipelihara.

Karena sifatnya sebagai tumbuhan yang alami, tomat pastinya mempunyai  Khasiat yang amat baik untuk kesehatan tubuh. Terlebih banyak kandungan dari buah tomat yang amat baik untuk tubuh. Kandungan tersebut adalah vitamin A, K, C, Kalium dan juga Folat. Selain itu, tomat juga mengandung vitamin B6, tiamin, magnesium, niasin, fosfor, dan juga tembaga. Bukan hanya itu saja, kandungan air dalam tomat juga cukup tinggi, sehingga tomat sangat baik dikonsumsi.

Khasiat Tomat

khasiat tomat

Manfaat dan Khasiat Tomat untuk Kesehatan

Berbagai macam kandungan diataslah yang membuat tomat sangat bermanfaat. Untuk Khasiat Tomat sendiri pastinya sangat banyak. Apa sajakah khasiatnya? Untuk itu, simak Khasiat Tomat berikut ini.

1. Mencegah Kanker
Journal of National Cancer Institute menyatakan bahwa pria yang memakan 10 porsi makanan dengan berbahan dasar tomat, mereka akan terhindar dari resiko kanker prostat. Hal ini dikarenakan kandungan likopen dalam tomat. Bahkan Universitas Illinois juga memperlihatkan bahwa tomat dapat menghambat pertumbuhan kanker lambung, rahim, pancreas, usus besar, serta rektum.

2. Meredakan Peradangan
Apabila Anda mengkonsumsi tomat dengan teratur, Anda dapat meredakan nyeri radang. Mengapa demikian? Karena tomat sangat kaya akan bioflavanoid dan juga karotenoid yang dikenal mampu menjadi anti-inflamasi.

3. Melancarakan Pencernaan
Tomat mempunyai kandungan air, serat serta mineral yang begitu banyak. Mineral yang terdapat dalam tomat membantu merangsang air liur sehingga akan menambah nafsu makan. Tidak hanya itu saja, tomat juga mempunyai sifat anbtirada, dimana ia mampu mencegah radang usus buntu maupun saluran pernafasan.

4. Mencegah Penyakit Jantung
Berdasarkan hasil penelitian terhadap pria Eropa, menyatakan bahwa mereka yang mempunyai kadar likopen tinggi akan terhindar dari serangan jantung. Tidak hanya itu, kandungan asam salsilat dalam tomat juga mampu mencegah darah mengental.

5. Membantu Kesehatan Mata
Kandungan vitamin A yang terdapat dalam tomat mempunyai peranan sangat penting untuk tubuh. Vitamin A tersebut mampu membantu memperbaiki penglihatan serta mencegah rabun senja. Bahkan, berdasarkan penelitian terbaru, dapat disimpulkan bahwa dengan mengkonsumsi tomat akan membantu mengurangi resiko terskena degenerasi makula.

6. Memperkuat tulang
Tomat juga  mempunyai  kandungan vitamin K serta kalsium cukup banyak sehingga  membantu dalam menjaga kekuatan tulang. Untuk itu, dapat disimpulkan bahwa tomat adalah suplemen terbaik dalam merawat kesehatan tulang.

Seperti yang dijelaskan diatas, bahwa buah tomat mempunyai berbagai khasiat dan manfaat untuk kesehatan. Namun, sebenarnya masih terdapat banyak khasiat lain dari buah tomat, misalnya untuk kecantikan. Seperti menghilangkan komedo, merawat rambut, menghilangkan jerawat, memutihkan wajah, menyehatkan kulit serta masih banyak lagi.

Manfaat serta Khasiat Ampuh Buah Tomat bagi Kesehatan

Demikian artikel Abwaba.com tentang Manfaat serta Khasiat Ampuh Buah Tomat bagi Kesehatan semoga dapat menambah pengetahuan Anda tentang tanaman konsumsi khususnya tomat, semoga bermanfaat.

Manfaat serta Khasiat Ampuh Buah Tomat bagi Kesehatan | abwaba | 4.5