Khasiat dan Manfaat Sirsak untuk Kesehatan

Kirim artikel ini Kirim artikel ini Print Artikel ini Print Artikel ini

Khasiat dan Manfaat Sirsak untuk Kesehatan – Sirsak, Buah Lezat Yang menyimpan Banyak Manfaat. Sirsak yang memiliki nama latin Annona Muricata L, yaitu buah asli dari negara dari Karibia, Amerika Selatan dan Tengah. Tanaman sirsak dapat tumbuh di berbagai tempat, karena termasuk tanaman yang perawatannya sangat mudah. Namun tanaman sirsak dapat tumbuh subur jika ditanam di daerah yang cukup berair. Di Indonesia, tanaman sirsak dapat tumbuh dengan subur pada daerah yang mempunyai ketinggian 1000 meter diatas permukaan laut. Buah sirsak ini memiliki karakteristik kulit buah yang tipis namun berduri, berwarna hijau tua, daging berwarna putih, agak berserat dan banyak mengandung air, serta memiliki biji berwarna hitam.

Khasiat dan Manfaat Sirsak untuk Kesehatan

Khasiat dan Manfaat Sirsak untuk Kesehatan

Seperti yang telah kita ketahui, buah sirsak seringkali dimanfaatkan untuk bahan baku utama pembuatan minuman. Pengolahannya bisa dengan diblender, diambil sari buahnya, dibuat es krim, atau cukup mencampurkan daging buahnya dengan air dan gula tanpa dihaluskan terlebih dahulu. Sejak dahulu buah ini dipercaya menyimpan banyak khasiat, contohnya dapat menyembuhkan penyakit seperti kanker, meningkatkan kinerja sistem imun atau kekebalan tubuh, menyembuhkan asam urat dan sakit pinggang, dan penyakit lainnya. Daun dari tanaman sirsakpun memiliki manfaat untuk menyembuhkan eksim dan rematik. Bagaimana buah sirsak bisa begitu hebat dalam mengobati penyakit? Nah, ternyata buah sirsak memiliki banyak kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh. Yang paling dominan dari kandungan sirsak adalah vitamin C yaitu sekitar 20 mg per 100 gram buah. Vitamin C yang ada dalam buah sirsak bekerja sebagai antioksidan yang sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta dapat memperlambat penuaan. Selain itu kandungan lainnya ialah mineral, fosfor, kalsium, serta serat, ada juga selain vitamin C yaitu vitamin B1 dan B2 yang cukup banyak. Kandungan fosfor serta kalsium yang terdapat pada buah sirsak bermanfaat untuk tulang, sehingga mampu mencegah tulang keropos. Walaupun buah ini mempunyai kandungan yang baik bagi kesehatan, akan tetapi biji buah sirsak mengandung racun yang dapat digunakan sebagai obat anti hama dan serangga alami, begitu juga dengan biji dari buah srikaya.

Khasiat dan Manfaat Sirsak untuk Kesehatan

Sirsak memang memiliki kandungan dan manfaat yang baik untuk kesehatan. Buah, daun bahkan pohonnyapun bermanfaat. Daun sirsak diyakini punya banyak sekali manfaat serta digunakan sebagai bahan terapi pengobatan alami. Daun sirsak mempunyai kandungan yang sangat baik untuk meningkatkan imunitas tubuh, yaitu acetogenins, annocatacin, annocatalin, annohexocin, annonacin, anonol, caclourine, linoleic acid, serta muricapentocin. Disamping itu daun sirsak mempunyai manfaat untuk mengobati penyakit kanker, termasuk kanker payudara, prostat, paru-paru, serta kanker pankreas. Mengonsumsi daun sirsak juga dapat membantu menambah stamina, mencegah mutasi gen, mencegah stres, memperbanyak produksi asi untuk ibu hamil dan menyusui, serta menghindari tubuh terjangkit infeksi yang mematikan.

Selain beberapa kandungan sirsak dan daun sirsak yang baik untuk kesehatan, buah sirsak juga memiliki manfaat untuk kesehatan dan dapat menyembuhkan berbagai penyakit, yaitu:

  •     Melunturkan dan memecah batu empedu dan memperlancar sistem pencernaan.
  •     Mengobati diare pada bayi.
  •     Mengobati ambeien.
  •     Mengobati sakit kandung kemih.
  •     Mengobati penyakit liver.
  •     Mengobati migrain.
  •     Mengobati penyakit kekurangan darah atau anemia.
  •     Meningkatkan energi yang terkandung dalam thiamin.

Khasiat dan Manfaat Sirsak untuk Kesehatan

Baca juga : Manfaat Dan Khasiat Daun Sirsak Untuk Batu Ginjal

Dengan mengkonsumsi 100 g buah sirsak, maka telah memenuhi 13% kebutuhan serat pangan harian. Buah sirsak kaya dengan senyawa fitokimia yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.. Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah sirsak secara rutin. Karena memiliki kandungan vitamin dan senyawa yang komplit untuk kesehatan tubuh dan organ. Sekian ulasan tentang Manfaat dan Kandungan Buah Sirsak, semoga dapat membantu anda agar lebih selektif untuk memilih buah yang kaya akan kandungan dan manfaat untuk kesehatan tubuh.

Khasiat dan Manfaat Sirsak untuk Kesehatan | abwaba | 4.5