Inilah Bahaya Abu Vulkanik Bagi Kesehatan

Kirim artikel ini Kirim artikel ini Print Artikel ini Print Artikel ini

Inilah Bahaya Abu Vulkanik Bagi Kesehatan – Material vulkanik yang berasal letusan gunung berapi bisa jadi ancaman serius untuk kesehatan. Berbagai muntahan material terlebih debu vulkanik memiliki potensi mengganggu kesehatan, terlebih pada sistem pernafasan.

bahaya abu vulkanik untuk kesehatan
Bahaya Abu Vulkanik Bagi Kesehatan

Seperti dinyatakan oleh pakar kesehatan paru-paru dari RS Persahabatan, Jakarta, dr Agus Santoso, SpP, terdapat banyak aspek yang merubah seberapa besar efek debu vulkanik pada kesehatan. Aspek ini salah satunya konsentrasi partikel, pembagian debu yang terhirup, dan keadaan meteorologi dan inilah bahaya abu vulkanik bagi kesehatan.

Menurut Agus, debu vulkanik yang halus serta memiliki ukuran benar-benar kecil, yakni kurang dari 10 mikron, punya potensi mengganggu pernapasan. Juga, debu memiliki ukuran kurang dari 5 mikron bisa menembus saluran pernapasan sisi bawah atau organ paru-paru.

Dampak atau efek debu vulkanik juga ditetapkan oleh partikel pendukungnya. Debu yang dibarengi kristal silika menyebabkan efek lebih mengakibatkan kerusakan serta mengakibatkan masalah pernapasan berat.

Sesaat itu, debu vulkanik yang dibarengi udara panas bisa membawa debu piroklastik dengan permukaan tak teratur serta condong tajam. Masalah disebabkan debu piroklastik ini dapat mengakibatkan kematian lantaran luka pada saluran pernapasan.

Debu vulkanik lain yang pantas diwaspadai, kata Agus, yaitu yang dibarengi gas CO, H2S, SO2, serta berbentuk asam.

Efek debu vulkanik untuk kesehatan, lanjut Agus, dengan cara umum terdiri jadi dua, yakni dampak akut serta kronik. Dampak akut terdiri jadi iritasi saluran napas, infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), atau kesusahan bernapas pada pasien masalah paru pada mulanya seperti penyakit asma.

Sesaat itu, dampak kronik berlangsung sesudah paparan bertahun-tahun. Hal semacam ini ditandai ada penumpukan abu silika dalam paru, yang dimaksud silikosis. Pasien bakal alami penurunan manfaat paru serta penyakit paru obstruktif kronik (PPOK).

Keadaan meteorologi, kata Agus, juga ikut punya pengaruh, yaitu korban yang berdiri sesuai sama arah angin waktu muntahan abu vulkanik kemungkinan hirup semakin banyak di banding yang berlokasi melawan arah angin.

Meski demikian, dampak merugikan dari debu vulkanik, jelas Agus, dapat dihindari dengan pemakaian spesial masker. ” Pakai masker. Bila memungkinkan pakai masker kelompok N 95-N 100,” kata Agus yang memberikan masker itu menghindar masuknya debu memiliki ukuran kurang dari 10 mikron.

Apabila telanjur terpapar, Agus merekomendasikan secepatnya pergi ke sarana kesehatan paling dekat. Untuk dampak akut dapat diatasi dengan meminum obat batuk, pengencer dahak, pengurang sesak atau radang.

Kontrol simpel yang dikerjakan yaitu pengukuran memakai peakflow. Alat ini mengukur puncak hawa keluar dari paru-paru. Sedang untuk paparan yang lebih lama, umumnya dibutuhkan rontgen paru.

Baca juga: Inilah Dampak Jika Debu Vulkanik Terhirup.

Bahaya Abu Vulkanik Bagi Kesehatan

Demikian artikel Abwaba tentang Bahaya Abu Vulkanik Bagi Kesehatan, gambar dan artikel bersumber dari Kompas.

Inilah Bahaya Abu Vulkanik Bagi Kesehatan | abwaba | 4.5