Ini dia Perbedaan Orang Sukses dan Orang Gagal

Kirim artikel ini Kirim artikel ini Print Artikel ini Print Artikel ini

Siapa yang tidak ingin sukses? Sukses dalam bisnis, sukses dalam pendidikan, sukses dalam hubungan, sukses dalam segala hal.

Sukses merupakan pencapaian yang dimimpikan semua orang. Makna sukses bagi setiap orang mungkin saa berbeda, sukses si A belum tentu sama dengan suksesnya si B, begitu sebaliknya. Tapi intinya kita bisa sama dalam satu hal, yakni sukses selalu memiliki makna positif.

Sebaliknya, gagal sebuah kata yang tabu dan tidak diinginkan semua orang, namun setiap orang pasti pernah mengalaminya kegagalan, sengaja atau tidak sengaja, kadar tingkatan kegagalan yang tentunya berbeda bagi setiap orang. Namun pastinya, kita semua ingin menjadi orang sukses, bukan orang gagal. Meskipun ada kata penyemangat, ‘kegagalan adalah sukses yang tertunda’.

Pada artikel kali ini, Abwaba.com akan membahas tentang bebera[a perbedaan dan ciri orang sukses dan orang gagal. Semoga artikel ini dapat menjadi inspirasi, motivasi kita semua yang ingin sukses dalam hal apapun. berikut perbedaan antara orang sukses dan orang gagal.

  1. Membicarakan ide vs Membicarakan orang lain

Orang suskes lebih memiliki minat untuk membicarakan mengenai gagasan dan ide yang dimilikinya. Bisa juga mengenai ide orang lain yang menurutnya keren. Dia terobsesi untuk mewujudkan idenya agar bisa bermanfaat bagi orang banyak.

Orang gagal suka membicarakan orang lain. Rasa keingintahuan yang teramat besar tentang kehidupan yang dijalani orang lain bisa menjadi bumerang bagi diri sendiri. Tentu saja kebanyakan yang dibahas tentang orang lain biasanya adalah hal yang bersifat negatif. Saran saya kurangi membicarkan orang lain, kecuali hal yang dibicarakan adalah sisi positif dari orang tersebut untuk menjadikan motivasi bagi banyak orang.

  1. Belajar hal baru vs Merasa tahu segala hal

Orang sukses cenderung merasa hal yang selama ini diketahuinya itu belumlah cukup. Dia ingin terus mempelajari serta menemukan hal baru untuk mengembangkan kompetensi dan mengasah kemampuan diri. Inilah hal yang membuatnya bisa terus maju.

Orang gagal beranggapan mereka sudah tahu segala hal, padahal sebenarnya tidak demikian. Akibatnya timbul rasa malas untuk mempelajari hal-hal baru. Inilah yang membuat mereka terus tertinggal dari orang lain.

  1. Kritikan dengan solusi vs Kritikan tanpa solusi

Orang sukses akan memberikan kritikan dan solusi yang logis untuk setiap masalah. Dia ingin orang yang dikritik bisa lebih baik lagi melalui solusi yang diberikannya.

Sedangkan orang gagal cenderung berkritik tanpa solusi dan malah menyudutkan pihak yang dikritik. Mereka merasa senang jika orang lain terlihat lemah dan terpojok.

  1. Membantu orang lain vs Menjatuhkan orang lain

Orang sukses akan bersama-sama meraih kemenangan dan saling bantu dengan orang lain. Dia yakin bahwa kesuksesan bisa dicapai dengan lebih mudah bila dilakukan bersama-sama. Saling bantu dengan orang lain untuk meraih impian yang dicita-citakan.

Orang gagal cenderung meraih kemenangan dengan cara menjatuhkan orang lain. Hal yang dipikirkannya adalah bagaimana cara menang dengan mengalahkan orang lain, padahal ada peluang itu bisa dilakukan bersama-sama.

  1. Gagal karena diri sendiri vs Gagal karena orang lain

Orang sukses akan menyadari bahwa kegagalan yang terjadi seringkali berasal dari dalam diri mereka sendiri.  Mereka bersedia mengakui kesalahan dan terus mengintrospeksi diri sendiri.

Berbeda dengan orang gagal yang memandang bahwa orang lain patut disalahkan atas kegagalan yang menimpa dirinya. Dia tidak mau mencari kesalahan yng dilakukan dan tidak berusaha mengintrospeksi diri sendiri.

  1. Pemaaf vs Pendendam

Orang sukses akan berbesar hati untuk memaafkan kesalahan yang diperbuat oleh orang lain. Meski sangat berat, mereka dengan tulus memaafkan orang yang melakukan kesalahan dan menyakiti dirinya.

Orang gagal terus menyimpan dendam dan tidak mau membuka hati untuk memaafkan orang lain. Ini merupakan penyakit hati yang harus dihindari oleh kita. Percayalah bahwa sifat pendendam hanya akan menyakiti diri sendiri dan membuat hidup tidak tentram.

Bagaimana, jangan sampai memiliki ciri orang gagal ya. Jika salah satunya ada pada diri kamu, segera berubah dan jadilah orang sukses. 🙂

Sumber: lisubisnis.com

Ini dia Perbedaan Orang Sukses dan Orang Gagal | abwaba | 4.5