Contoh Surat Kuasa dengan Format Umum Terbaru

Kirim artikel ini Kirim artikel ini Print Artikel ini Print Artikel ini
Advertisement

Contoh Surat Kuasa -  Surat kuasa ialah surat yang memuat tentang pelimpahan suatu hal berupa wewenang dari seorang yang bertanggung jawab pada orang lain maupun dari satu pihak kepada pihak lain. Perihal pelimpahan yang tercantum dalam surat kuasa yang disusun secara sistematis bisa mewakili pihak yang memberikan wewenang penuh. Biasanya surat kuasa disusun saat salah satu pihak tak memunyai banyak waktu ataupun terlalu sibuk dalam sebuah urusan penting lain, sama halnya dengan mengurus suatu proses administrasi yang amat penting, tetapi tak bisa ditangani seorang diri. Oleh karena itu, dibuatlah surat kuasa yang berguna dalam suatu keperluan, yang berisi tentang pelimpahan wewenang dari satu pihak pada seseorang untuk melakukan hal yang tak bisa dikerjakannya dengan sebab memiliki kesibukan lain.

contoh surat kuasaContoh Surat Kuasa

Cara penulisan surat kuasa tak dapat dilakukan asal-asalan, karena harus memunyai bukti keyakinan yang digunakan untuk menunjuk seorang yang nantinya menerima surat kuasa. Sangat banyak contoh surat kuasa yang bisa ditemukan di internet untuk dijadikan bahan referensi untuk Anda. Namun sebelumnya, Anda harus memahami bahwa surat kuasa bisa digolongkan menjadi 2 macam, yaitu:

    1. Surat kuasa bersifat formal
Surat kuasa seperti ini pada umumnya harus memakai materai Rp 6000,- dan dilengkapi dengan tanda tangan pemberi kuasa dan penerima kuasa serta saksi-saksi yang memunyai tujuan demi memperkuat surat kuasa didalam hukum. Surat kuasa yang bersifat formal biasanya digunakan demi keperluan yang lebih khusus. Contohnya adalah surat kuasa atas tanah, surat kuasa atas suatu usaha serta lain sebagainya.
    2. Surat kuasa bersifat non formal
Biasanya surat kuasa ini tak membutuhkan materai, cukup dengan tanda tangan pemberi serta penerima surat kuasa. Surat kuasa yang bersifat non formal umumnya dipakai untuk perihal pengurusan perpanjangan STNK, surat wasiat, mengambil uang pensiun serta lain sebagainya.

Contoh Surat Kuasa

Sebelum Anda memutuskan untuk menulis surat kuasa, sebaiknya Anda harus memerhatikan beberapa aturan umum supaya surat kuasa yang anda susun sesuai dengan surat kuasa yang menggunakan format yang baik dan benar, seperti tercantum dibawah ini:

  • Cantumkan judul pada bagian atas yaitu “Surat Kuasa”, yang seperti ini didalam hukum bisa berupa Surat Kuasa Khusus ataupun Surat Kuasa Substitusi.
  • Cantumkan pihak yang terlibat didalam pengalihan suatu kuasa. Yang pertama tulis profil dan biodata singkat dari pemberi kuasa lalu profil singkat dari penerima kuasa.
  • Penutup surat.
  • Cantumkan tanggal serta tempat dibuatnya surat kuasa.
  • Cantumkan tanda tangan serta nama terang dari pemberi kuasa dan penerima kuasa.
  • Supaya memperkuat keabsahan dari surat surat kuasa, sebaiknya sertakan selembar materai snilai 6000 rupiah.

Bila Anda masih bingung sampai disini dengan cara penulisan surat kuasa, Abwaba cantumkan dibawah ini contoh dari surat kuasa yang menggunakan format yang benar, yang dapat dijadikan referensi bagi Anda dan dimodifikasi ulang menyesuaikan tujuan dari penulisan surat kuasa yang bakal Anda buat.

Contoh Surat Kuasa

Yang bertanda tangan dibawah ini,
Nama : Eko Warda
Jenis Kelamin : Laki-laki
Tempat Tanggal Lahir : Kediri, 12 Agustus 1978
Alamat : Jl. Papar Indah No. 99, Sidoarjo
No. KTP : 22.33.45.1234.12345
Pekerjaan : General Manager PT. Pokphand Sejahtera

Memberi kuasa kepada

Nama : Nurlina Arum
Alamat : Jl. Bareng Krajan No. 111, Sidoarjo
No. KTP : 12.12.12.1234.12345
Pekerjaan : Staff PT. Pokphand Sejahtera

Untuk pengambilan : Satu Buah Buku BPKB Mobil Toyota Avanza
Nopol : D 2222 R
Warna : Merah
No. Mesin : G-ADD-122-ID-1234567
No. Rangka : KLMNO-12345678-IDD-12345
Atas Nama : Eko Warda

Demikian Surat Kuasa ini saya buat untuk dipergunakan sebagaimana semestinya.

Sidoarjo, Juli 2013
Yang Diberi Kuasa – Yang Memberikan Kuasa
(Nurlina Arum) – (Eko Warda)

contoh surat kuasa pengambilan bpkb motorcontoh surat kuasa pengambilan bpkb motor

contoh surat kuasa pendaftaran domaincontoh surat kuasa pendaftaran domain

contoh surat kuasa khususcontoh surat kuasa khusus

contoh surat kuasa hukum kepada pengacaracontoh surat kuasa kepada pengacara

contoh surat kuasa pribadicontoh surat kuasa pribadi

Contoh Surat Kuasa

Contoh Surat Kuasa yang tercantum diatas telah mengikuti beberapa aturan umum secara baik dan benar, supaya dapat Anda jadikan sebagai referensi dan dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan ataupun tujuan pembuatan surat kuasa yang akan dibuat nanti. Dengan pembuatan surat kuasa secara benar, akan dapat meyakinkan penerima kuasa begitupun sebaliknya. Semoga informasi tentang Contoh Surat Kuasa ini dapat bermanfaat.

Comments

comments

Contoh Surat Kuasa dengan Format Umum Terbaru | abwaba | 4.5

Mungkin Anda tertarik dengan artikel :

Cara Menulis Cerpen Cinta Terbaru dan MenarikCara Menulis Cerpen Cinta Terbaru dan MenarikCerpen Cinta - Cinta selalu saja memberi kita inspirasi didalam suatu karya sastra, entah itu berbentuk puisi cinta maupun ... Contoh Skripsi Lengkap dengan Tips Penulisan Yang BenarContoh Skripsi Lengkap dengan Tips Penulisan Yang BenarContoh Skripsi - Skripsi ialah istilah umum yang dipakai di Indonesia untuk menyebut suatu laporan tugas akhir yang dalam ...