Cara Menulis Cerpen Cinta Terbaru dan Menarik

Kirim artikel ini Kirim artikel ini Print Artikel ini Print Artikel ini

Cerpen Cinta – Cinta selalu saja memberi kita inspirasi didalam suatu karya sastra, entah itu berbentuk puisi cinta maupun Cerpen Cinta. Cinta juga selalu memiliki cara unik untuk diungkapkan kedalam kalimat-kalimat metafora yang membikin sebuah puisi bisa terdengar sangat romantis, juga lewat karya sastra yang lain, yaitu berupa cerpen atau cerita pendek. Tak hanya diciptakan sebagai karya sastra, tetapi cerita pendekpun juga bisa menjadi awal mula langkah Anda dalam meniti karir lewat sebuah karya prosa dan cerita fiksi. Akan tetapi, menulis cerpen sebenarnya berbeda dalam beberapa hal dengan menulis novel, sebab menulis cerpen tak membutuhkan banyak waktu untuk membuatnya dan alur cerita seperti berbeda dengan proses pembuatan cerita novel yang memunyai alur cerita yang cukup panjang dan lebih terperinci. melimpahnya ide cerpen yang terpikirkan, jangan hanya Anda diamkan saja, sebab telah banyak alternatif untuk menyalurkan karya cerpen Anda, mulai dari media cetak seperti majalah, koran dan juga media internet yang sampai sekarang telah banyak menampung kumpulan cerpen seperti cerpen cinta, cerpen persahabatan serta cerpen mengenai kehidupan sehari-hari dari beragam penulis.

cerpen cintaCerpen Cinta

Cerita pendek dan novel memanglah berbeda. Untuk menulis cerpen, Anda tak perlu bertele-tele dalam menjelaskan alur cerita sampai sedemikian panjang, karena sebuah cerpen akan mengisahkan inti pokok masalah dalam sebuah kisah dalam cerita pendek yang dibuat secara singkat, padat namun jelas dan gamblang menyorot pada inti pokok cerita tersebut. Walaupun ini terlihat mudah karena merupakan cerita yang pendek, akan tetapi Anda juga mesti memerhatikan beberapa aturan dalam sebuah penulisan, seperti berikut ini:

TEMA
Usahan untuk menciptakan tema yang cukup unik ketika mulai menulis sebuah cerpen, supaya bisa dengan mudah di sampaikan pada para pembaca, Sebisanya, usahakan untuk membuat tema tentang hal-hal baru yang ramai terjadi di sekitar kita supaya dapat sangat mudah menarik perhatian Si Calon Pembaca.

ALUR CERITA
Berbeda dengan penulisan novel yang menceritakan alur kisah dengan sangat terrinci dan juga panjang. Namun, selama proses penulisan cerpen yang mesti Anda perhatikan ialah fokus terhadap inti cerita yang sesuai dengan tema yang telah dipilih sebelumnya. Jangan sampai terjadi alur cerita dalam cerpen yang Anda buat menjadi semakin bercabang mulai dari karakternya, latar belakangnya dan detail lainnya karena Anda tidak fokus pada inti cerita. Karena dalam proses penulisan cerpen, yang mesti Anda perhatikan ialah memakai karakter secukupnya yang sekiranya sesuai dengan tema serta alur cerita tersebut.

SEPENGGAL KISAH HIDUP
Dalam pembuatan novel, seringkali kisah ini akan diceritakan secara rinci mulai dari awal sampai akhir, namun dalam penulisan cerpen Anda hanya cukup menuliskan sepenggal kisah kehidupan seorang karakter didalam cerita tersebut. Sepenggal disini maksudnya  hanya sebatas dijadikan background yang gunanya sebagai penguat tema dalam cerita tersebut. Tekankan pada satu bagian saja dari kehidupannya ketika ditulis didalam cerita tersebut.

PENGGUNAAN KATA
Didalam penulsan cerpen pada umumnya tak perlu menggunakan kata yang terkesan bertele-tele atau panjang lebar, tapi cukuplah memakai kata yang efektif serta hindari memakai kalimat deskriptif yang ditulis panjang lebar. Karena biasanya cerpen yang dimuat didalam surat kabar maupun internet akan dibatasi jumlah katanya yang boleh dipakai dalam cerita pendek tersebut.

IMPRESI
Umumnya penulisan cerpan diawali dengan pengenalan bermacam karakter, konflik dan resolusi didalam cerita. Demi membuat Si Pembaca lebih tertarik membaca cerita yang Anda buat, ciptakan saja impresi tembak langsung di awal cerita dengan menyorot konflik. Dalam hal pengenalan karakter, setting, dan lain sebagainya bisa dihadirkan secara perlahan di bagian cerita selanjutnya.

KEJUTAN
Tak hanya mengandalkan impresi di awal cerita, tapi Anda pastinya ingin pembaca cerita buatan Anda tetap setia dan menantu cerita yang akan anda buat berikutnya, bukankah begitu? Jika benar begitu, maka berilah kejutan pada para pembaca di bagian akhir cerita yang Anda buat. Dengan menulis cerpen yang berisikan kisah yang sulit ditebak, dapat membuat pembaca merasa sangat penasaran dengan cerita buatan Anda.

KONKLUSI
Hal ini tak jauh berbeda dengan memberikan kejutan pada akhir cerita. Tentu akhir cerita yang mengesankan bakal menjadi daya tarik dan kekhasan sendiri yang akan selalu dikenang oleh para pembaca, dengan begitu pembaca bakal menunggu kehadiran cerpen terbaru dari anda.

Cerpen Cinta

Beberapa hal yang telah umum dketahui seperti penjelasan diatas, ialah hal yang sangat penting untuk Anda perhatikan didalam menulis sebuah cerpen. Akan tetapi terdapat hal lainnya yang tak kalah penting dalam pembuatan cerpen, seperti tempo waktu pengerjaan, setting, penokohan karakter, dialog, alur serta pastikan bahwa cerpen buatan Anda telah benar-benar selesai dengan baik.

Cerpen Cinta

Biasanya, cerpen cinta yang umum diangkat dimasyarakat ialah mengambil cerita dari kejadian yang terjadi sehari-hari maupun kejadian tentang percintaan yang dewasa ini marak diperbincangkan, seperti cerita jatuh cinta, sakitnya patah hati hingga cerita galau. Dengan banyaknya judul cerpen cinta yang bisa ditemukan didalam koran maupun internet akan membuat Anda mendapatkan banyak informasi terkini dan bisa dijadikan alternatif untuk Anda yang berniat ingin menulis cerpen karya Anda. Semoga informasi Abwaba tentang kita menuls Cerpen Cinta seperti diatas bisa bermanfaat bag Anda semua.

Cara Menulis Cerpen Cinta Terbaru dan Menarik | abwaba | 4.5