Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

Kirim artikel ini Kirim artikel ini Print Artikel ini Print Artikel ini

Cara Mengatasi Rambut Rontok – Cara Mengatasi Rambut Rontok – Rambut ialah mahkota wanita, yang dapat memperindah penampilan seorang wanita. Setiap wanita dan juga pria tentunya ingin memiliki rambut yang sehat, lebat dan indah. Rambut yang sehat dan lebat dapat meningkatkan rasa percaya diri dan akan membuat wanita dan juga pria merasa lebih nyaman dengan penampilannya. Sebaliknya, rambut yang tidak sehat dan rontok seringkali membuat wanita dan pria merasa minder dan tidak nyaman dengan penampilannya. Saat ini telah banyak produk perawatan rambut yang menjanjikan dapat mengatasi kerontokan rambut. Namun kenyataannya, masih banyak wanita dan pria yang mengalami masalah rambut rontok. Duntuk itulah, disini kami menyajikan informasi tentang Cara Mengatasi Rambut Rontok. Namun sebelum membahas tentang solusi mengatasi kerontokan rambut, baiknya kita ketahui dulu apa saja penyebab rambut mengalami kerontokan.

cara mengatasi rambut rontok

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Penyebab Kerontokan Rambut

1.Sering Gonta-Ganti Shampoo
Saat ini produk shampoo banyak sekali macamnya. Bahan yang digunakan untuk membuatnyapun beragam, mulai dari yang alami sampai yang memakai bahan kimia. Namun, kebanyakan produk shampoo sekarang ini memakai bahan kimia dalam komposisi yang yang lebih banyak dari bahan alami yang terkandung didalamnya. Dengan sering gonta-ganti shampoo, akan menyebabkan penumpukan bahan kimia dikulit kepala. Karena sangat mungkin bahan kimia yang digunakan pada suatu shampoo berbeda dengan shampoo lain. Penumpukan bahan kimia tersebut dapat mengakibatkan tersumpatnya pori-pori pada kulit kepala dan menyebabkan kerontokan rambut.

2.Suka Mengutak-Atik Gaya Rambut
Bagi wanita dan pria modern, mengutak-atik rambut sudah menjadi hal yang umum demi meperindah penampilan. Mengubah gaya rambut seringkali dilakukan dengan cara bleaching, mencatok rambut, mengeriting, serta menyambung rambut. Perlakuan yang didapat rambut ketika mengganti model rambut, seringkali dengan menarik-narik rambut, memanasi rambut, serta mngaplikasikan bahan kimia pada rambut. Hal ini dapat menyebabkan rambut patah-patah, bercabang serta kerontokan rambut.

3.Stress
Wanita dan pria modern seringkali mempunyai banyak kesibukan dan sedikit waktu istirahat. Hal ini dapat menyebabkan stress, akibatnya dapat memicu kerontokan pada rambut.

4.Kekurangan Nutrisi
Orang dizaman sekarang sering disibukkan dengan pekerjaan dan rutinitas lain yang menyita waktu, akibatnya kebutuhan akan makanan kurang mendapat perhatian. Pola makan yang tidak instan dan tidak sehat dapat menyebabkan kerontokan rambut.

5.Penyakit
Beberapa penyakit yang diketahui dapat menimbulkan kerontokan pada rambut ialah diabetes, lupus, infeksi pada kulit kepala, dan kekurangan zat besi.

6.Rambut Dan Kulit Kepala Berminyak
Aktifitas diluar ruangan dapat menyebabkan rambut terkena debu dan kotoran. Rambut dan kulit kepala yang berminyak dapat membuat kotoran dan debu itu menempel pada kulit kepala. Hal itu dapat menyebabkan kulit kepala mengeluarkan minyak lebih banyak dan mengakibatkan pori-pori kulit kepala susah bernapas. Sirkulasi udara yang tidak lancar pada kulit kepala berminyak dapat membuat rambut menjadi rontok.

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Diatas telah kita ketahui berbagai penyebab rambut rontoh. Sekarang akan kita bahas mengenai cara yang efektif untuk mengatasi rambut rontok. Berikut ulasannya:

1.Pakailah shampoo herbal atau shampoo bayi
Banyak kasus kerontokan rambut yang dikarenakan kulit kepala dan rambut tidak kuat dengan deterjen dan bahan kimia lain yang terkandung pada kebanyakan shampoo. Solusinya ialah dengan memakai sampo herbal atau sampo bayi. Kedua sampo tersebut tidak mengandung bahan kimia yang keras. Pengaplikasian sampo herbal dan sampo bayi dapat mengatasi rambut rontok secara efektif!

2.Hindari terlalu sering mengutak-atik gaya rambut
Rambut yang terlihat alami sebenarnya lebih sehat dan menarik dipandang. Namun bagi Anda yang terlanjur hobi dengan kegiatan mengubah-ubah gaya rambut, Anda dapat mengurangi intensitas mengubah-ubah gaya rambut. Misalnya dari yang semula seminggu 3 kali mengubah gaya rambut, menjadi sebulan 3 kali mengubah gaya rambut. Selain itu, aplikasikan hair tonic setelah keramas, karena dapat memperkuat akar rambut.

3.Istirahat yang cukup dan olahraga
Faktor stres penyebab rambut rontok dapat diatasi dengan memerhatikan jam istirahat bagi tubuh Anda. Bila Anda sudah lelah bekerja, baiknya beristirahatlah dan hentikan aktifitas yang berat untuk beberapa jam. Sempatkan juga melakukan olahraga seminggu 2 kali, karena olahraga dapat melancarkan peredaran darah dan mengatasi stres.

4.Terapkan pola makan sehat
Konsumsilah makanan sehat yang mengandung gizi berimbang dan makanlah secara teratur, agar proses penyerapan nutrisi pada tubuh lancar dan tidak memberatkan pencernaan. Bila ditengah-tengah waktu kerja Anda tidak sempat mencari makanan, maka akali kondisi ini dengan membawa bekal dari rumah sebelum berangkat kerja, dengan menu yang bernutrisi tentunya.

5.Jeruk lemon dan teh hijau
Untuk Anda yang punya rambut dan kulit kepala berminyak, sebaiknya mengaplikasikan jeruk lemon dan teh hijau untuk mengurangi kadar minyak pada rambut dan kulit kepala. Caranya adalah dengan melumuri kulit kepala dan rambut dengan air perasan jeruk lemon. Bila tidak ada jeruk lemon bisa diganti dengan jeruk nipis. Dan seduh teh hijau dengan air hangat, biarkan sampai dingin dahulu. Kemudian siram atau basahi rambut dan kulit kepala menggunakan air seduhan teh ini. Diamkan selama 30 menit lalu keramas dengan sampoo herbal. Lakukan hal ini secara rutin

6.Konsultasikan dengan dokter
Untuk Anda yang mempunyai penyakit tertentu yang dapat menyebabkan kerontokan rambut, sebaiknya konsultasikan pada dokter dan pakar kesehatan rambut bagaimana cara yang tepat dan efektif untuk mengatasi kerontokan rambut. Selain itu terapkan pola hidup sehat dan berimbang, yaitu makan teratur dengan makanan yang bernutrisi, istirahat cukup, berolahraga dan lain sebagainya.

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Sekian informasi mengenai Cara Efektif Untuk Mengatasi Rambut Rontok, semoga dapat Anda jadikan sebagai referensi dan dapat segera Anda aplikasikan secara rutin. Semoga informasi yang Abwaba.com rangkum ini bermanfaat dan efektif bagi Anda

Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami | abwaba | 4.5