Cara Membuat Lagu Sendiri

Kirim artikel ini Kirim artikel ini Print Artikel ini Print Artikel ini

Cara Membuat Lagu – Suatu karya seni selain dapat memberikan kesan keindahan bagi orang yang mengapresiasinya, juga dapat digunakan sebagai media pengungkap perasaan bagi Si Pembuatnya. Hal tersebut merupakan salah satu alasan mengapa pekerjaan seni itu sangat menyenangkan. Ada berbagai macam karya seni yang kita kenal, misalnya dalam bentuk tarian, lukisan, lagu, puisi, dan lain sebagainya. Dalam mengerjakan suatru karya seni tentunya sedikit banyak kita akan melibatkan unsur perasaan dan emosi. Dewasa ini, terdapat industri seni dengan beberapa pekerja yang dituntut untuk menciptakan karya sesuai target yang telah ditentukan. Namun pekerja seni dalam kondisi tersebut bukan berarti tidak memakai perasaan sama sekali saat menciptakan sebuah karya. Akan tetapi mereka telah terlatih untuk menyeimbangkan perasaan dan ritme kerja dalam industri seni.

cara membuat lagu

(pic dari : http://twicsy.com/i/AfD8Lb)

Cara Membuat Lagu Sendiri

Salah satu karya seni yang sedang digandrungi anak muda zaman sekarang ialah lagu. Pantas saja, karena lagu dapat diapresiasi oleh siapa saja, walaupun tak mengerti jelas makna dari liriknya. Lagu terdiri dari komponen vocal, lirik, dan juga musik pengiring. Ketiga komponen itu dapat saling mendukung untuk menciptakan suatu kondisi yang diceritakan didalam lagu tersebut. Salah satu jenis lagu yang selalu difavoritkan sepanjang masa ialah lagu cinta. Lirik yang menceritakan keindahan kisah percintaan, ditambah dengan musik pengiring yang mendayu-dayu, serta suara vokal yang mendukung, akan menciptakan suasana dramatis yang dapat dengan mudah dihayati oleh pendengar. Selain itu ada juga lagu penyemangat dengan beat yang cepat, yang dapat membuat pendengarnya ikut bersemangat, dan masih banyak lagi.

Bagi kita para pendengar dan penikmat lagu, tentunya pernah terbersit dibenak kita keinginan untuk menciptakan lagu yang asli ciptaan kita sendiri. Beberapa diantara kita mungkin akan memulainya dengan menyusun kata-kata indah menyerupai puisi. Ketika kata-kata indah sudah disusun dengan apik, terkadang kita kesulitan mencari melodi yang tepat untuk melagukannya. Permasalahan tersebut yang umum terjadi pada kita yang pertama kali mencoba menciptakan lagu. Nah, bagi para pembaca yang berkeinginan menciptakan lagu sendiri, telah Abwaba.com rangkumkan langkah-langkah dan cara yang efektif untuk membuat lagu sendiri. Untuk itu, simak uraian langkah-langkah cara membuat lagu berikut ini:

Cara Membuat Lagu Sendiri

1.Kondisikan Mood
Dalam membuat karya seni apapun, hal pertama yang harus kita lakukan yaitu mendapatkan ide. Ide tentang karya yang menyangkut keindahan, tentunya akan kita dapatkan bila suasana hati kita sedang baik. Bila kita sedang dalam keadaan marah atau kecewa, tentunya inspirasi dan ide yang muncul akan kurang maksimal. Untuk itu, usahakan Anda mendapatkan mood yang baik sebelum membuat lagu. Caranya adalah dengan mengondisikan mood Anda, bisa dengan merilekskan tubuh, berjalan-jalan dipagi hari dan menghirup udara segar, lupakan beban kesedihan atau amarah didalam hati, dan lain sebagainya. Bila mood kita sudah baik, ide-ide akan bermunculan begitu saja secara mengejutkan.

2. Gunakan Alat Musik
Alat musik merupakan komponen yang cukup penting dalam membuat lagu. Bunyi-bunhyian yang timbul dari alat musik dapat membantu kita dalam menentukan melodi dan iringan untuk lagu yang akan kita ciptakan. Bila Anda tak pandai menggunakan alat musik, Anda dapat meminta bantuan teman, saudara, atau siapa saja untuk memainkannya.

3. Tentukan Jenis Musik
Setelah mencoba menciptakan nada-nada dengan bantuan alat musik, selanjutnya kita dapat menentukan jenis musik apa yang cocok untuk lagu kita. Beberapa jenis musik yang dapat dipakai misalnya pop, rock, jazz, slow rock, dan lain sebagainya. Tentunya jenis musik yang berbeda memiliki beat dan ritme khas yang berbeda pula.

4. Alat Perekam Suara
Sifat dasar manusia adalah pelupa. Walaupun kita sendiri yang menciptakan lagu, tak jarang kita lupa akan lirik dan nada-nadanya. Bila kita lupa, kadang kita akan mengganti nadanya ataupun liriknya. Bila sekali atau dua kali kita lupa nada tidak akan jadi masalah. Namun bila kita berkali-kali lupa dengan nada yang baru saja kita bentuk, ujung-ujungnya kita akan kebingungan membuat lagu secara utuh, dan pada akhirnya kita mengurungkan niat untuk membuat lagu. Nah, untuk menghindari hal tersebut, baiknya kita menggunakan alat perekam. Dengan merekamnya, kita dapat memutar kembali bagian-bagian lagu yang sudah kita buat.

5. Buat Catatan
Setelah kita menciptakan lagu dengan nada-nada yang kita tentukan sendiri, hal penting lainnya adalah membuat catatan lagu kita. Catatan tersebut dapat terdiri dari judul lagu, lirik yang cocok untuk lagu kita, kunci-kunci nada, dan juga bagian-bagian lagu (intro, reff, ending), dan hal-hal penting lainnya. Untuk dapat membuat catatan lagu, kita dapat memutar kembali lagu yang kita ciptakan sendiri berserta iringannya yang telah kita rekam sebelumnya.

6. Publikasikan
Setelah lagu ciptaan kita terbentuk secara utuh, langkah berikutnya adalah dengan menunjukkannya pada orang lain. Hal ini sangat penting agar lagu kita dikenal orang, dan tak kalah penting lagi kita jadi tahu penilaian orang lain terhadap lagu kita. Penilaian dari orang lain dapat memicu semangat kita untuk terus berkarya. Mempublikasikan lagu buatan kita sendiri dapat dimulai dengan memainkannya didepan keluarga, sahabat, rekan, dan masyarakat luas dengan mengikuti even-even perlombaan misalnya.

Cara Membuat Lagu Sendiri

Sekian uraian dari Abwaba.com tentang cara membuat lagu sendiri. Abwaba.com menyampaikan langkah-langkah sederhana membuat lagu tersebut agar Anda mudah mempraktikkannya secara langsung dan Anda dapat terpacu untuk berkarya. Demikian cara membuat lagu sendiri, selamat mencoba!

Cara Membuat Lagu Sendiri | abwaba | 4.5