Cara Membuat KETUPAT (Gambar dan Video Tutorial)

Kirim artikel ini Kirim artikel ini Print Artikel ini Print Artikel ini

Cara membuat ketupat – Halo sob, masih semangat puasanya ya. Kali ini Abwaba akan share tentang cara bikin ketupat secara sudah dekat aroma hari raya nih hahaha. Tapi sebelumnya kita intip yuk asal-usul tentang ketupat ini.

Al-Kisah….

Sejarah mencatat, Sunan Kalijaga merupakan orang pertama yang memperkenalkan ketupat pada masyarakat Jawa. Beliau membudayakan dua kali Bakda, yaitu “Bakda Lebaran” dan “Bakda Kupat”. Bakda Kupat dimulai seminggu sesudah Lebaran. Pada hari yang disebut Bakda Kupat tersebut, di tanah Jawa waktu itu hampir setiap rumah terlihat menganyam ketupat dari daun kelapa muda. Setelah sudah selesai dimasak, kupat tersebut diantarkan ke kerabat yang lebih tua, menjadi sebuah lambang kebersamaan.

Membuat kupat/ketupat bagi orang yang berbakat alias tangannya terampil dibilang cukup mudah, tapi bagi saya yang tangannya kaku dan jarinya besar begini susahnya minta ampun hahaha. Tapi tidak ada salahnya belajar lagi agar menjadi terampil.

Tutorial cara bikin ketupat

Bahan yang digunakan tidak lain dan tidak bukan adalah “janur” atau daun kelapa yang masih muda. Berikut ini tata cara manualnya.

  1. Langkah pertama, gulung janur sampai tiga kali gulungan pada tangan anda dengan posisi pangkal janur menghadap ke atas.
  2. Ambil janur satu lagi, gulungkan juga pada tangan anda sebanyak tiga kali. Namun kali ini posisi pangkal janur menghadap ke bawah.
  3. Buatlah kedua gulungan janur tapi saling bersilangan. Namun janur harus tetap dalam posisi tergulung.
  4. Ambil salah satu ujung janur dan putar ke belakang susunan janur tadi.
  5. Masukkan ujung janur yang sudah diputar ke belakang tadi, ke janur yang berada pada posisi tengah. Cara memasukkan janur tersebut seperti menganyam.
  6. Teruskan ayaman tadi sampai bawah. Lakukan hal yang sama pada ujung janur yang satunya lagi.
  7. Pangkal janur yang sudah terletak di samping, langsung bisa diayam ke atas, Lakukan hal ini pada kedua pangkal janur hingga bertemu di bagian atas ketupat

Berikut gambar terlampir sob

Cara Membuat KETUPAT Lebaran

Bagaimana dengan tata cara diatas? bingung? wkwkwkwk sama sob aku juga puyeng.

Daripada pusing-pusing tujuh keliling berikut ini ada sedikit gambar yang aku dapat tentang tata cara pembuatan ketupat sederhana yang paling mudah di web, tinggal ikuti saja cara pada gambar berikut:

Cara Membuat KETUPAT Lebaran hari raya

Dan ini videonya:


Demikian cara bikin ketupat bersumber dari forum Xplor ID, semoga tercerahkan sob! Yuk kita buat ketupatnya sekarang!

Cara Membuat KETUPAT (Gambar dan Video Tutorial) | abwaba | 4.5