Cara Membuat Keju Olahan Sendiri

Kirim artikel ini Kirim artikel ini Print Artikel ini Print Artikel ini

Cara Membuat Keju – Cara Membuat Keju Olahan Sendiri – Keju ialah produk turunan susu yang banyak digemari oleh masyarakat dunia. Keju dapat dibuat dari bahan dasar susu sapi, susu kambing, susu domba, susu kerbau mapaun susu kuda. Semakin lama proses penyimpanan keju, semakin enak rasanya dan mahal harganya. Keju sering digunakan untuk bahan tambahan makanan atau dalam pembuatan kue. Keju memiliki rasa asin dan gurih yang khas, namun ada pula keju yang rasanya tawar (unsalted).

Cara Membuat Keju

Cara Membuat Keju

Kandungan gizi yang kaya pada sepotong keju, menjadikannya sebagai makanan sehat yang nikmat bila diolah dengan benar. Kandungan gizi pada sepotong keju anatar lain adalah kalsium, vitamin, mineral, protein dan fosfor. Didunia ini ada berbagai jenis keju, diantaranya ada beberapa yang terkenal yaitu keju cheddar, keju edam, keju mozzarella dan keju parmesan. Keju cheddar adalah yang paling sering kita temui di Indonesia. Keju cheddar yang memiliki merk “Craft” adalah yang paling banyak dijual di toko-toko dan dibuat menjadi makanan berupa roti, burger, dan makanan lainnya. Keju edam bagi sebagian orang sering disebut dengan keju ball. Karena memang bentuknya seperti bola dengan lapisan parrafin berwarna merah dibagian luarnya. Keju mozzarella adalah keju yang memiliki tekstur lembut sehingga mudah dibentuk dan mudah meleleh. Keju mozzarella seringkali digunakan untuk membuat topping pizza, macaroni schootel, spaghetti dan lain sebagainya. Sedangkan keju parmesan memiliki aroma yang lebih kuat dibanding 3 jenis keju yang telah dijelaskan tadi. Keju parmesan biasa untuk memasak spaghetti, pizza, dan pasta.

Bagi Anda penggemar keju, tentunya akan sangat menyenangkan bila dapat menyaksikan proses pembuatan keju secara langsung. Namun, bila kita belum mendapatkan kesempatan itu, ada yang lebih menyenangkan nih, membuat keju sendiri. Membuat keju sendiri sangat menyenangkan, karena kita menyiapkan dari awal bahan-bahannya, mengolahnya, menyimpan sampai mencicipinya sendiri apakah sudah mirip rasanya dengan keju di pasaran? Kalau dirasa belum, mungkin Anda dapat berimprovisasi dengan bahan pada resep yang jadi panduan Anda. Atau mungkin saja Anda juga bisa membuat rasa unik pada keju buatan sendiri!

Untuk Anda yang tertarik membuat keju sendiri, yuk simak resep sederhana dari Abwaba berikut ini:

Cara Membuat Keju Olahan Sendiri

Bahan-bahan:

  • 2 gelas susu sapi segar
  • 4 endok teh cuka makan atau bisa diganti dengan air jeruk lemon
  • Garam secukupnya

Cara Membuat:

  1. Masak susu dalam panci hingga mendidih. Aduk aduk agar susu tidak lengket pada panci atau hangus.
  2. Bila sudah mendidih, diamkan rebusan susu selama beberapa menit. Lalu tambahkan 4 sendok air cuka atau air lemon, dengan tujuan untuk memisahkan bagian zat cair pada susu (whey) dengan bagian zat padat pada susu. Kemudian aduk sampai merata selama kurang lebih 5-10 menit.
  3. Setelah zat padat terpisah, siapkan sebuah saringan yang telah dilapisi kain bersih yang digunakan untuk menyaring susu.
  4. Saring sampai benar-benar terpisah dari air
  5. Campur gumapalan susu yang telah disaring dengan garam secukupnya.
  6. Masukkan kedalam wadah bersih lalu biarkan sampai dingin
  7. Masukkan kedalam lemari es, setelah mengeras dapat dinikmati seperti biasa.

Baca juga :  Cara Membuat Keripik Renyah dan Gurih

Cara Membuat Keju

Itulah cara membuat keju dengan resep yang sederhana, yang dapat Abwaba.com berikan untuk para pembaca sekalian. Semoga kita terbiasa lebih kreatif , sehingga tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk bahan makanan yang bisa dibuat sendiri. Resep ini dapat Anda improvisasikan agar memperoleh citarasa keju yang Anda inginkan. Demikian artikel cara membuat keju, semoga bermanfaat!

Cara Membuat Keju Olahan Sendiri | abwaba | 4.5