Cara Membuat Butter Cream

Kirim artikel ini Kirim artikel ini Print Artikel ini Print Artikel ini

Cara Membuat Butter Cream – Cara Membuat Butter Cream Sendiri – Butter Cream ialah krim kocok yang digunakan untuk melapisi permukaan kue dan roti. Biasanya kue atau roti yang menggunakan butter cream adalah kue dan roti yang dihias, karena butter cream berfungsi sebagai perekat bahan penghias roti dan kue. Bila Anda memerlukan butter cream untuk menghias kue, Anda dapat mencarinya di toko bahan kue atau di supermarket. Terdapat butter cream dalam kemasan plastik dan spray. Biasanya butter cream dalam kemasan plastik tidak bertahan lama atau akan cepat menyusut setelah dibuka. Berbeda dengan butter cream dalam kemasan botol spray, kita dapat menyimpannya lebih lama setelah dibuka, dan cream yang dihasilkan masih cukup mengembang setelah disimpan. Namun kelemahan butter cream yang ada dipasaran adalah seringkali menggunakan pengawet dan pemanis buatan.

cara membuat butter cream, resep butter cream, butter cream

Cara Membuat Butter Cream

Bahan-bahan untuk membuat butter cream sebenarnya sangat sederhana, bahan dasarnya ialah mentega putih (unsalted), susu dan gula pasir. Namun kita dapat menambahkannya dengan komponen lain, seperti whipping cream, perisa mint, pasta buah dan lain sebagainya. Bagi banyak orang mungkin akan lebih praktis bila membeli butter cream yang sudah jadi di toko-toko, untuk menghemat waktu dan tenaga. Namun sebenarnya waktu yang kita perlukan untuk membuat butter cream sangatlah singkat, sekitar 5-10 menit saja tergantung banyaknya butter cream yang ingin dihasilkan. Akan tetapi ini adalah masalah pilihan, bagi Anda yang mengedepankan kepraktisan, tentu sah-sah saja membeli butter cream yang sudah jadi.

Membuat butter cream sendiri memeiliki beberapa keuntungan, diantaranya adalah kita terbebas dari bahan pengawet dan pemanis buatan yang banyak terkandung pada butter cream kemasan, dan kita dapat memperkirakan sendiri seberapa banyak butter cream yang kita butuhkan. Karena bila kita membeli butter cream jadi lalu terdapat sisa, pasti kita akan menyimpannya didalam lemari es. Nah, butter cream yang telah disimpan itu bila digunakan lagi, rasanya tidak seenak ketika baru dibuka, dan strukturnya pun sudah tidak begitu mengembang. Bagi Anda yang tertarik membuat butter cream sendiri, berikut Abwaba.com tuliskan langkah-langkah pembuatannya:

Bahan-Bahan:

  • 225 gram mentega putih tawar (unsalted)
  • 75 gram gula bubuk / gula halus
  • 1 ½ sendok makan susu kental manis

Cara Membuat:

  • Masukkan mentega kedalam mangkuk aluminium, lalu kocok menggunakan mixer dengan kecepatan rendah
  • Setelah mentega kelihatan agak mengembang, masukkan gula halus lalu kocok dengan mixer
  • Masukkan susu kental manis, kocok menggunakan kecepatan sedang hingga mengembang, kira-kira selama 30 menit.
  • Butter cream yang telah jadi bisa ditambahkan perisa mint, strawberry, mocca atau sesuai selera Anda.

Baca juga : Cara Membuat Keju Olahan Sendiri

Cara Membuat Butter Cream

Demikianlah uraian sederhana tentang cara membuat butter cream sendiri. Cukup mudah kan? Anda dapat langsung mempraktikkannya dirumah. Semoga Anda terinspirasi untuk membuat sendiri cream dirumah dengan peralatan sederhana, dan tidak perlu membelinya. Keuntungannya, Anda menjadi lebih kreatif dan bisa menganalisa seberapa banyak butter cream yang Anda butuhkan. Butter cream yang dibuat sendiri dapat bertahan selama 3 hari didalam kulkas. Bila lebih dari 3 hari, Anda harus mengocok kembali butter cream menggunakan mixer. Selamat mencoba!

Cara Membuat Butter Cream | abwaba | 4.5