Cara Membuat Bunga dari Sedotan

Kirim artikel ini Kirim artikel ini Print Artikel ini Print Artikel ini
Advertisement

Cara Membuat Bunga dari Sedotan – Cara Membuat Kerajinan Bunga dari Bahan Sedotan –  Kerajinan adalah hasil kreatifitas seseorang menyulap bahan-bahan di sekitarnya menjadi produk yang indah dan berdaya guna. Industri kerajinan umumnya memanfaatkan bahan baku yang melimpah disekitar tempat tinggal, ataupun barang yang sudah tidak terpakai. Anak-anak sekolah diberi tugas membuat kerajinan yang bertujuan agar di masa dewasa kelak bisa menjadi orang yang lebih kreatif dan dapat menciptakan lapangan pekerjaan. Memang, proses pembuatan kerajinan tangan membutuhkan kreatifitas dalam berpikir dan bertindak. Kreatifitas dalam pembuatan kerajinan tangan diperlukan mulai dari waktu penentuan bahan baku, desain, ukuran-ukuran, serta pengemasan yang apik dan menarik. Bila kita terbiasa membuat kerajinan tangan, kita akan dapat berpikir kritis terhadap keadaan sekitar kita, termasuk bagaimana memanfaatkan suatu kondisi dan menciptakan solusi yang tepat.

Cara Membuat Bunga dari Sedotan

Cara Membuat Bunga dari Sedotan

Berlatih membuat kerajinan memungkinkan kita memroduksinya lebih banyak untuk dijual. Beberapa kerajinan yang umumnya dibuat oleh kaum wanita yaitu membuat tas dari anyaman bambu, membuat tas dari batok kelapa, membuat gelang dari biji-bijian, membuat pigura dari kardus, membuat bros dari kain, membuat bunga dari sedotan, dan lain sebagainya. Kali ini kita akan berbicara tentang kerajinan tangan berupa bunga yang terbuat dari sedotan. Kerajinan bunga dari sedotan ini dapat memanfaatkan sedotan bekas. Namun menggunakan sedotan yang masih baru pun tidak mengapa, karena harga sedotan relatif murah. Ada juga sedotan berukuran besar dan tebal yang sengaja diproduksi untuk mensuplai industri kerajinan tangan.

Bagi Anda para ibu rumah tangga dan para wanita lainnya, bila Anda sedang memiliki waktu luang tak ada salahnya mencoba membuat kerajinan tangan. Bungan dari sedotan adalah kerajinan yang lumayan simple dan mudah dibuat, namun hasilnya cantik. Bila Anda berhasil membuat bunga dari sedotan, Anda dapat merangkainya sebagai hiasan meja, dinding atau hiasan ruangan. Anda pun dapat mengembangkan kemampuan untuk berbisnis dalam kerajinan ini. Berikut Abwaba.com tampilkan cara membuat bungan dari sedotan:

Alat dan Bahan:

  • Sedotan plastik (berbagai warna)
  • Gunting
  • Kater/silet
  • Lem
  • Lidi/kawat dengan diameter kira-kira 2 mm
  • Kertas krep atau kertas pita
  • Botol plastik warna atau vas bekas

Cara Membuat Bunga dari Sedotan :

  1. Potong beberapa sedotan dengan panjang masing-masing 10 cm
  2. Belah ujungnya menjadi 4 bagian
  3. Gunting tiap ujung membentuk lancip mirip kelopak bunga
  4. Sisir sedotan memakai kunci bekas atau sisir khusus sedotan, sampai membentuk lekukan menyerupai kelopak bunga
  5. enam atau lebih kelopak sedotan digabung menjadi satu menyerupai bunga yang mekar, lalu ikat dengan kawat yang sudah dibalut kertas krep.
  6. Buat tangkai bungan dengan kawat lurus panjang sekitar 15 cm (atau sesuai selera), lalu balut melingkar dengan kertas krep warna hijau atau coklat.
  7. Bentuk kertas krep menyerupai daun, tempelkan pada tangkai.
  8. Tempelkan bungan pada tangkai.
  9. Rangkai beberapa bunga plastik kedalam vas yang sudah diisi sterofoam, lalu siap dipajang.

Cara Membuat Bunga dari Sedotan

Itulah langkah-langkah cara membuat bunga dari sedotan plastik yang simple dan mudah dipraktikkan. Semoga bermanfaat, dan Anda dapat mengisi waktu luang dengan kegiatan yang lebih menghasilkan. Anda juga dapat mengajarkan anak-anak Anda cara membuat kerajinan bunga dari bahan sedotan, selamat mencoba!

Cara Membuat Bunga dari Sedotan | abwaba | 4.5