Resep Cara Membuat Bakso Daging Sapi

Kirim artikel ini Kirim artikel ini Print Artikel ini Print Artikel ini

Cara Membuat Bakso – Bakso ialah makanan yang sangat populer di masyarakat Indonesia. Bakso memiliki banyak penggemar dari kalangan bawah sampai kalangan atas. Rasa bakso yang nikmat dipadu dengan kuah bakso yang hangat membuatnya sangat cocok dimakan dikala musim dingin, musim hujan atau sebagai makanan sehari-hari yang menyehatkan. Bakso di Indonesia identik dengan daging giling yang dibentuk bulat-bulat seperti bola dengan ukuran yang bervariasi menurut selera, serta kuah kaldu daging yang jernih dengan bahan tambahan berupa irisan daun bawang, mie serta sambal yang dimakan dalam satu mangkok. Sobat Abwaba. di Indonesia banyak terdapat penjual bakso yang menjajakan dagangannya dengan berbagai cara, diantaranya dengan berkeliling komplek menggunakan gerobak dorong, menggunakan motor, menetap dipinggir jalan dengan gerobak dan beberapa kursi plastik, menjualnya dalam rumah makan, cafe, warung dan bahkan resto.

cara membuat bakso

Cara Membuat Bakso

Bakso yang populer dikalangan masyarakat Indonesia ialah yang berbahan utama daging sapi. Daging sapi yang memiliki serat kasar dinilai sangat cocok dijadikan bakso, karena akan menghasilkan bulatan-bulatan daging yang kenyal dan berserat, serta kuah dari kaldu daging sapi sangat sedap bila dimakan. Dalam satu mangkokn sajian bakso, biasanya terdapat beberapa butir bakso, kuah kaldu, potongan sayuran (daun bawang, kubis, sawi), mie atau bihun dan bawang goreng. Ada juga yang menambahkan dengan pangsit rebus atau goreng serta tahu rebus atau goreng.

Membeli bakso dari penjual bakso memang merupakan cara yang sangat praktis untuk menikmati semangkuk bakso. Karena dengan membeli semangkuk bakso, Anda dapat menikmati bakso yang hangat dan lezat tanpa perlu repot-repot membuatnya sendiri. Namun perlu Anda ketahui, banyak oknum-oknum pedagang nakal yang mencampuri baksonya dengan bahan-bahan terlarang seperti boraks, formalin dan bahan lain untuk mengenyalkan bakso buatannya. Seringkali para pedagang juga memasukkan bahan penyedap yang mengandung MSG dalam takaran yang berlebihan kedalam kuah bakso, agar rasanya sedap dan gurih. Ada juga pedagang yang kelewat nakal mencampur daging sapi dengan daging tikus dan daging yang lainnya demi menekan biaya produksi dan menaikkan keuntungan.

Maka dari itu, ada baiknya bagi Anda penggemar bakso untuk berhati-hati dalam memilih kedai bakso favorit Anda. Kehati-hatian ini perlu agar kesehatan Anda tidak terganggu. Namun akan lebih bagus lagi bila Anda membuat bakso sendiri dirumah, selain terjaga kebersihannya, bahan-bahan yang Anda gunakan pun jelas macamnya. Pastikan juga saus yang Anda gunakan sebagai pelengkap bukanlah saus murahan yang beredar dipasar, karena saus tersebut tidak terjaga kebersihannya serta bahannya pun sering dicampur dengan bahan-bahan tak layak makan. Anda dapat membuatnya untuk beberapa porsi, jadi ketika Anda ingin makan bakso, Anda dapat langsung menghangatkannya kembali. Berikut ini kita sajikan resep dan cara membuat bakso daging sapi yang lezat, silakan simak resepnya:

Cara Membuat Bakso Daging Sapi Enak

Bahan utama:

  • 300 gram daging sapi
  • 5 butir bawang putih
  • 5 butir bawang merah
  • 150 gram tepung kanji
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • Penyedap rasa secukupnya
  • 2 liter air
  • 40 gram es batu

Cara membuat:

  1. Giling atau blender daging sapi. Campurkan dengan tepung kanji dan bumbu lainnya lalu blender lagi sampai halus dan merata.
  2. Masukkan es batu, blender lagi hingga halus
  3. Rebus air sampai mendidih
  4. Bentuk bakso menjadi bulatan-bulatan yang besarnya sesuai selera, dengan cara: ambil adonan secukupnya dan tempatkan di telapak tangan kanan, genggam adonan dan tekan adonan, keluarkan adonan melalui lubang yang dibentuk ibu jari dan telunjuk hingga membulat, tepis adonan yang bulat dengan tangan kiri dan masukkan ke dalam air mendidih.
  5. Setelah semua adonan dibulatkan dan dimasukkan kedalam air panas, kecilkan api dan rebus bakso hingga matang. Tandanya bila bakso mengapung berarti sudah matang.
  6. Angkat dan hidangkan kedalam mangkok bersama dengan bahan tambahan lainnya.

Cara Membuat Bakso

Cara membuat bakso diatas cukup sederhana dan dapat Anda ikuti step-by-step untuk membuat bakso sendiri dirumah. Semoga setelah Anda berhasil mempraktikkannya, Anda akan mengurangi kebiasaan jajan bakso diluar rumah, yang belum tentu terjamin kebersihannya. Dengan begitu kesehatan Anda lebih terjaga, karena kesehatan itu mahal sekali harganya. Semoga bermanfaat.

Resep Cara Membuat Bakso Daging Sapi | abwaba | 4.5