- Abwaba.com - http://www.abwaba.com -

Cara Cepat Menyembuhkan dan Mengobati Sariawan di Mulut Secara Alami

Cara cepat mengobati sariawan secara alami – Sariawan merrupakan salah satu penyakit mulut yang menganggu berbagai aktivitas yang berhubungan dengan mulut, misalnya makan. Penyakit ini seringkali timbul saat kita sedang mengalami panas dalam dan menyerang bagian dalam mulut seperti gusi, bibir, maupun lidah. Dengan adanya sariawan, tentunya menelan makanan akan terasa sakit sehingga menurunkan nafsu makan. Oleh karena itu, sebaiknya kita mengatasi sariawan dengan segera, dengan menggunakan cara alami.

Sariawan terjadi karena penurunan sistem pertahanan dalam tubuh terhadap lingkungan (bakteri) serta kurangnya asupan vit C. Tapi Anda tak perlu khawatir dengan tips y berakhir dengan membang akan kami berikan Anda dapat menyembuhkan sariawan Anda dengan cara-cara alami dan juga mudah. Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda coba untuk menyembuhkan dan sebagai cara cepat mengobati sariawan [1] Anda.

Cara Cepat Mengobati Sariawan Secara Alami

cara cepat mengobati sariawan secara alami

1. Meminum Vitamin
Studi menunjukkan bahwa terjadinya sariawan lebih sering dialami orang yang kurang asupan vitamin B. Vitamin C, serta  zat besi dan juga asam folat yang  berperan penting dalam mencegah serta menyembuhkan sariawan. Maka,  mengonsumsi makanan yang banyak kandungan vitamin B dan C sangatlah dianjurkan.

2. Air Garam
Berkumur menggunakan air hangat yang dicampur dengan garam sebanyak tiga kali sehari akan menyembuhkan luka pada sariawan dengan cepat. Kandungan akan garamnya dapat menarik cairan luka sariawan sehingga mempercepat penyembuhan.

3. Baking soda
Campur baking soda dan air yang dijadikan sebagai obat kumur ataupun pasta digunakan untuk melapisi luka sariawan. Baking soda membantu dalam menghilangkan bakteri dalam mulut serta mengurangi rasa sakit.

4. Meminum yogurt
Yogurt membantu dalam menyeimbangkan bakteri di mulut serta di dalam tubuh. Hal ini mempercepat penyembuhan serta dapat membantu dalam mencegah terjadinya sariawan. Untuk mendapatkan hasilnya, pastikan bahwa yogurt mengandung banyak acidophilus hidup.

5. Daun Kemangi serta Kunyit
Dengan mengunyah 4 sampai 5 lembar daun kemangi serta air minum merupakan cara ini efektif meredakan sakit pada sariawan serta dapat dengan cepat menyembuhkan. Anda juga dapat  mengoleskan ramuan pasta dari tumbukan kunyit yang dicampur satu sendok teh gliserin. Caranya dengan mengoleskan pasta dibagian luka.

6. Air kelapa
Air kelapa memberi efek menenangkan dalam sistem pencernaan. Air kelapa dikenal dengan sifatnya yang mampu mendinginkan. Selain dapat menghidrasi tubuh, air kelapa  juga baik dalam menyembuhkan sariawan.

7. Tomat
Tomat dapat menjadi bahan alami yang sangat efektif dalam mengobati sariawan. Makan tomat yang mentah adalah obat mengatasi sariawan. Anda juga dapat berkumur dengan jus tomat.

8. Bawang serta Pepaya
Menempelkan langsung obat pada luka sariawan dapat mempercepat penyembuhan. Caranya, gunakan bawang yang masih mentah, pepaya ataupun kantong teh dan terapkan langsung di luka sariawan Anda.

9. Kopi Bubuk
Dengan kopi bubuk Anda juga dapat mengobati  sariawan Anda. Caranya dengan mengambil sedikit bubuk kopi dan oleskan di bagian sariawan, kemudian biarkan untuk beberapa menit. Kumurlah menggunakan air bersih. Lakukan secara rutin hingga sembuh, kira-kira dalam 2 – 3 hari.

10. Jambu Air
Ambil kulit dari batang jambu air sebanyak 10 gr (Kulit batang muda), cuci kemudian tumbuk halus dan tambahkan 1/2 gelas air matang, kemudian saring. Gunakanlah air saringan tersebut untuk berkumur.

Cara Cepat Mengobati Sariawan Secara Alami

Baca juga: Manfaat Teh Hijau untuk Kecantikan Kulit Wajah dan Kesehatan [2]

Cara menyembuhkan sariawan diatas tentunya cukup mudah untuk diterapkan, dan bahannya pun cukup sederhana.  Namun, bila cara tersebut tidak dapat menyembuhkan, segeralah menghubungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.