Resep dan Cara Membuat Telur Asin Brebes Masir (Enak)

Kirim artikel ini Kirim artikel ini Print Artikel ini Print Artikel ini

Cara Membuat Telur Asin Brebes Masir – Salah satu bentuk makanan hewani yang banyak dikonsumsi masyarakat adalah telur. Telur mengandung protein yang sangat baik untuk tubuh manusia. Berbagai jenis telur yang dikonsumsi manusia antara lain adalah telur bebek, ayam, burung, dan angsa. Telur pun dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan, salah satunya adalah telur asin. Jika membicarakan telur asin, tentu kita akan ingat dengan Telur Asin asal Brebes. Telur asin sebenarnya adalah telur yang diawetkan dengan proses pengasinan, dimana telur diberi garam yang berlebih sehingga akan menonaktifkan enzim perombak. Salah satu jenis telur yang sering diasinkan adalah telur itik, namun banyak juga telur jenis lain yang dibuat asinan.

Brebes, Jawa Tengah dikenal sebagai kota utama penghasil telur asin. Industri dari telur asin Brebes meluas sampai tersedia beraneka pilihan kulitas dari telur asin. Telur asin berkualitas tinggi mempunyai ciri-ciri pada bagian kuning telurnya berwarna jingga terang sampai kemerahan, dan tak menimbulkan bau amis maupun rasa asin menyengat. Telur asin mengandung kalsium tinggi serta semua unsur gizi maupun mineral yang sangat baik untuk kesehatan. Oleh karena itu, telur asin amat baik untuk dikonsumsi, baik itu bayi sampai yang lansia sekalipun.

telur asin brebes masir

Telur asin terdiri dari banyak variasi dalam proses pengolahan seperti telur asin yang mempunyai aneka rasa, telur asin yang dengan air garam, telur asin bakar, telur asin yang rasa udang, telur asing dengan abu gosok, dan telur asin asap. Anda mungkin biasanya mengkonsumsi telur asin dengan membeli di pasar tradisional maupun pada swalayan. Anda pun juga dapat membuatnya sendiri di rumah dengan cara yang sangat mudah.

Bahan:

  • 10 butir telur bebek atau Anda juga dapat menggunakan telur lain sesuai selera
  • Bubukan batu bata merah secukupnya
  • 10 sdm garam dapur
  • Air bersih secukupnya

Langkah membuat Telur Asin:

  1. Campur garam dapur dan bubukan batu bata merah. Masukkan sedikit air sampai adonan membentuk pasta.
  2. Cuci bersih telur, jangan sampai terdapat kotoran menempel, sebab dengan adanya kotoran yang tertinggal akan mengakibatkan telur asin menjadi cepat membusuk.
  3. Olesi adonan pasta di telur sampai menutup seluruh bagian telur.
  4. Tata telur pada dalam periuk dengan sangat rapi. Oleskanlah sisa pasta adonan pada bagian atas tatanan telur.
  5. Tutuplah wadah dan kemudian simpan pada tempat sejuk dalam 1 minggu. Apabila Anda ingin rasa telur asinlebih masir, maka simpanlah telur dalam 12 hari atau dalam 2 minggu.
  6. Setelah pengawetan selesai, ambilah telur dan cuci bersih.
  7. Rebus atau kukuslah telur asin menggunakan api yang sedang dalam 1, 5 jam.
  8. Telur asinpun siap dinikmati.

Resep Telur Asin ini sangat mudah untuk Anda terapkan sendiri di rumah. Anda juga dapat menggunakan telur ayam atau telur lainnya untuk Anda awetkan. Demikian resep dari Abwaba.com. Semoga dengan adanya informasi ini akan lebih memudahkan Anda dalam memasak, khususnya telur asin. Selamat mencoba dan berkreasi dengan telur asin buatan Anda sendiri.

Resep dan Cara Membuat Telur Asin Brebes Masir (Enak) | abwaba | 4.5