Resep dan Cara Membuat Tekwan Khas Palembang Ala Restoran

Cara Membuat Tekwan –  Tidak hanya pempek saja yang terkenal dari kota Palembang, namun  terdapat makanan lain yang sangat nikmat dan banya...

Cara Membuat Tekwan –  Tidak hanya pempek saja yang terkenal dari kota Palembang, namun  terdapat makanan lain yang sangat nikmat dan banyak menjadi konsumsi masyarakat, yakni tekwan. Anda mungkin kurang mengenal nama tekwan, namun apabila Anda tahu akan penampilannya pasti Anda sudah tidak merasa asing lagi. Sekilas, penampilan tekwan memang mirip dengan sup. Tekwan ini adalah sup khas Palembang ya ng dibuat dengan bahan dasar sagu dan ikan dalam ukuran yang kecil dan dihidangkan dengan kuah udang yang rasanya amat khas. Umumnya sup tekwan dilengkapi dengan irisan jamur dan bengkoan, bihun, seledri, irisan daun bawang, dan ditaburi dengan bawang goreng. Penampilannya memang mirip dengan sup biasanya, akan tetapi makanan satu ini mempunyai cita rasa yang khas dari kuah udangnya.

Pada saat Anda berkunjung ke Palembang rasanya akan kurang apabila Anda tidak mencoba sup tekwan ini, sebab makanan satu ini adalah salah satu makanan pada beberapa restoran. Akan tetapi, mungkin Anda masih jarang menjumpai menu sup tekwan. Apabila Anda suka akan makanan khas asal Palembang satu ini, Anda dapat membuatnya sendiri di rumah dengan cara yang sangat mudah.

tekwan palembang

Anda tertarik untuk membuatnya namun tidak tahu akan bahan dan caranya? Untuk itu, Anda dapat mengikuti beberapa langkah membuat tekwan Palembang berikut ini.

Bahan:

  • 250 gr udang segar
  • 250 gr udang yang dicincang halus
  • 250 gr daging ikan tenggiri yang dicincang halus
  • 125 gr tepung sagu
  • 2 butir telur, ambil bagian putihnya
  • 1500 ml air
  • 50 gr jamur kuping yang direndam sampai lunak
  • 25 gr sedap malam yang di rendam sampai lunak
  • 300 gr bengkuang yang dipotong berbentuk batang korek api
  • 3 batang seledri yang diiris kasar
  • 2 batang daun bawang yang diiris tipis
  • 2 sdm margarin
  • Bihun secukupnya yang direndam
  • Bawang goreng secukupnya

Bumbu halus:

  • 8 siung bawang putih
  • 1 sdt lada
  • Garam secukupnya

Langkah membuat Tekwan:

  1. Cara buat kaldu udang: kupas udang, cuci dengan bersih. Rebus dalam 1500 ml air menggunakan api kecil. Angkat, tiriskan.
  2. Cara buat adonan: campurkan udang dengan tepung sagu, ikan tenggiri, putih telur, lada, garam.  Uleni sampai rata.
  3. Didihkanlah 1 liter air, kemudian ambil adonan ikan dan bentuk menjadi bulat sebesar kelereng. Tambahkan kedalam air yang mendidih. Masak sampai matang, tiriskan.
  4. Panaskan margarin, tumis bumbu halus sampai baunya harum.
  5. Tambahkan udang cincang, aduk sampai warnanya berubah. Masukkan jamur kuping serta sedap malam. Aduk rata.
  6. Tambahkan udang, sedap malam, dan jamur kuping dalam kaldu udang, kemudian didihkan.
  7. Terakhir tambahkan bihun, bengkuang, serta adonan ikan matang. Masak sampai matangnya merata. Masukkan seledri serta daun bawang.
  8. Sesudah matang, angkat, sajikan dalam mangkok saji dan taburi bawang goreng.

Tekwan Palembang pastinya mempunyai rasa yang tidak sama dengan sup umumnya. Tidak hanya itu saja, rasa kaldu udangnya yang khas membuat makanan ini diburu di kota Palembang. Sup ini paling nikmat ketika masih hangat ditemani saus cabai.

Resep Tekwan Palembang ini sangat mudah untuk Anda terapkan sendiri di rumah. Demikian resep dari kami. Semoga dapat menambah wawasan memasak Anda, khususnya memasak tekwan. Selamat mencoba dan berkreasi dengan tekwan buatan Anda sendiri.

COMMENTS

Nama

Abwaba,1,Abwaba Top Info,25,Android,2,Aplikasi,4,Bola,4,Cerita Lucu,1,Cerpen,1,Contoh,8,Contoh Lainnya,4,Contoh Surat,4,Desain Rumah,42,Diet dan Fitness,2,Ekonomi,2,Gadgets,11,Gambar Lucu,2,Handphone,7,Harga,25,Harga Hp,7,Harga Laptop,2,Harga Motor,16,Harga Tablet,1,Health,18,Herbal,8,Hotel,13,How To,4,Humor,10,Indonesia,1,Info Lainnya,2,Internasional,1,Internet,6,Jadwal,3,Jadwal Bola,3,Jadwal Bola Hari ini,2,Jadwal Liga Inggris,1,Kata-Kata,6,Kecantikan,5,Kesehatan,4,Kulit,5,Laptop,1,Lifestyle,3,Manfaat dan Khasiat,10,Motor,15,Nasional,7,Otomotif,16,Piala Dunia 2014,1,Politik,14,Properti,48,Puisi,4,Rambut,4,Resep Kue,2,Resep Lebaran,2,Resep Masakan,74,Resep Masakan Indonesia,50,Resep Masakan Internasional,2,Resep Minuman,2,Review,1,Sejarah,1,Sejarah Umum,1,SMS Lucu,1,Tablet,1,Tanaman Obat,5,Tebak-Tebakan,4,Tekno,1,Tips Cantik,1,Tips dan Cara,64,Tips Internet,2,Tips Properti,1,Travel,15,Tubuh,5,Wajah,1,Wanita,19,
ltr
item
Abwaba.com: Resep dan Cara Membuat Tekwan Khas Palembang Ala Restoran
Resep dan Cara Membuat Tekwan Khas Palembang Ala Restoran
http://www.abwaba.com/wp-content/uploads/2014/05/tekwan-palembang.jpg
Abwaba.com
http://www.abwaba.com/2014/05/resep-dan-cara-membuat-tekwan-khas.html
http://www.abwaba.com/
http://www.abwaba.com/
http://www.abwaba.com/2014/05/resep-dan-cara-membuat-tekwan-khas.html
true
5790253972196761236
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content