Resep dan Cara Membuat Susu Kacang Kedelai Bubuk Sehat

Cara Membuat Susu Kedelai  – Seperti yang kita tahu, bahwa susu adalah makanan penting untuk bayi karena mempunyai banyak fungsi dan manfaat...

Cara Membuat Susu Kedelai – Seperti yang kita tahu, bahwa susu adalah makanan penting untuk bayi karena mempunyai banyak fungsi dan manfaat, yaitu untuk pertumbuhan. Namun, susu juga diperlukan uktuk orang dewasa, bahkan lansia, dimana fungsi susu adalah untuk membantu menopang tulang karena mulai keropos. Susu kaya akan kandungan sehat yang diperlukan oleh tubuh, yaitu kalsium, vitamin, protein, fosfor, zinc, serta magnesium. Maka dari itu, disarankan untuk minum susu setiap hari. Kini, susu sudah mempunyai banyak varian, bahkan ada susu dalam bentuk fermentasi. Salah satu jenis susu yang banyak dikonsumsi dan baik untuk kesehatan adalah susu kedelai.

Susu kedelai dipercaya amat baik bagi kesehatan, sebab kaya akan antioksidan yang disebut dengan isoflavon. Selain itu, susu kedelai juga dipercaya menyembuhkan beraneka macam penyakit, seperti mencegah osteoporosis, mengurangi resiko penyakit jantung, mengatasi terjadinya gejala menopause, mencegah kanker, baik dikonsumsi penderita diabetes maupun sakit ginjal. Susu kedelai samat baik bagi Anda yang dilarang mengkonsumsi daging maupun sumber protein hewani lain.

susu kedelai

Anda mungkin biasanya mendapatkan susu kedelai dengan membelinya di supermarket atau penjual jus keliling. Namun, kini Anda dapat membuatnya sendiri di rumah dengan cara yang sangat mudah. Anda bisa membuat susu kedelai cair maupun bubuk. Dan kali ini kita akan membahas cara untuk membuat susu kedelai bubuk agar dapat Anda nikmati kapanpun Anda inginkan. Bagi Anda yang tertarik untuk membuat susus kedelai bubuk, Anda dapat mengikuti beberapa langkah sederhana dalam Resep Susu Kedelai Bubuk berikut ini.

Bahan:

  • Kedelai secukupnya (sebaiknya menggunakan kedelai organik)

Alat:

  • Alat penumbuk
  • Tampah (nyiru)
  • Ember
  • Ayakan halus
  • Stoples

Langkah membuat Susu Kedelai Bubuk:

Terdapat dua cara dalam pembuatan susu kedelai bubuk, yakni:

A. Penggorengan Sangrai secara Langsung (tanpa menggunakan minyak)

  1. Bersihkan kedelai
  2. Panaskan wajah dalam 15 menit tanpa minyak. Setelah panas, sangrai kedelai di wajan dengan terus-menerus mengaduknya. Lakukan dalam 15 menit (sampai kulitnya menjadi pecah)
  3. Angkat, dinginkan dalam 5-10 menit. Tampi agar dapat menghilangkan abu serta kulit yang sudah terpisah dari bijinya
  4. Tumbuk kasar agar dapat memisahkan kulit dengan bijinya. Tampi kembali sampai tiada kulitnya
  5. Tumbuk lagi sampai halus, ayak
  6. Simpanlah bubuk kedelai dalam stoples.

B. Penggorengan Sangrai yang dilakukan dengan Perendaman

  1. Bersihkan kedelai, kemudian rendam 4 jam sampai kulitnya terpisah dari bijinya serta getah diantara kulit serta bijinya keluar
  2. Remas menggunakan tangan untuk dapat memisahkan kulitnya. Cuci bersih kedelai yang terkelupas dan tiriskan 15 menit
  3. Jemurlah kedelai di bawah cahaya matahari dalam 1 hari sampai benar-benar mengering
  4. Setelah kering, kemudian sangrai kedelai pada atas wajan panas dalam 15 menit
  5. Angkat, tiriskan 15 menit
  6. Tampi kedelai agar dapat memisahkan kulit yang masih tersisa
  7. Tumbuk halus kedelai
  8. Simpan bubuk kedelai dalam stoples dan tutup dengan rapat

Catatan: Bubuk kedelai harus Anda simpan di tempat yang tertutup rapat, agar tidak mudah menyerap air dari oksigen bebas serta mencegah berkembangnya jamur (kapang) yang akan merubah bau, rasa maupun warna.

Resep Kedelai Bubuk ini sangat mudah untuk Anda terapkan sendiri di rumah. Untuk banyaknya kedelai, Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. Demikian resep dari kami. Semoga dengan adanya resep ini akan lebih memudahkan Anda dalam memasak. Selamat mencoba dan berkreasi dengan susu kedelai buatan Anda sendiri.

COMMENTS

Nama

Abwaba,1,Abwaba Top Info,25,Android,2,Aplikasi,4,Bola,4,Cerita Lucu,1,Cerpen,1,Contoh,8,Contoh Lainnya,4,Contoh Surat,4,Desain Rumah,42,Diet dan Fitness,2,Ekonomi,2,Gadgets,11,Gambar Lucu,2,Handphone,7,Harga,25,Harga Hp,7,Harga Laptop,2,Harga Motor,16,Harga Tablet,1,Health,18,Herbal,8,Hotel,13,How To,4,Humor,10,Indonesia,1,Info Lainnya,2,Internasional,1,Internet,6,Jadwal,3,Jadwal Bola,3,Jadwal Bola Hari ini,2,Jadwal Liga Inggris,1,Kata-Kata,6,Kecantikan,5,Kesehatan,4,Kulit,5,Laptop,1,Lifestyle,3,Manfaat dan Khasiat,10,Motor,15,Nasional,7,Otomotif,16,Piala Dunia 2014,1,Politik,14,Properti,48,Puisi,4,Rambut,4,Resep Kue,2,Resep Lebaran,2,Resep Masakan,74,Resep Masakan Indonesia,50,Resep Masakan Internasional,2,Resep Minuman,2,Review,1,Sejarah,1,Sejarah Umum,1,SMS Lucu,1,Tablet,1,Tanaman Obat,5,Tebak-Tebakan,4,Tekno,1,Tips Cantik,1,Tips dan Cara,64,Tips Internet,2,Tips Properti,1,Travel,15,Tubuh,5,Wajah,1,Wanita,19,
ltr
item
Abwaba.com: Resep dan Cara Membuat Susu Kacang Kedelai Bubuk Sehat
Resep dan Cara Membuat Susu Kacang Kedelai Bubuk Sehat
http://www.abwaba.com/wp-content/uploads/2014/05/susu-kedelai.jpg
Abwaba.com
http://www.abwaba.com/2014/05/resep-dan-cara-membuat-susu-kacang.html
http://www.abwaba.com/
http://www.abwaba.com/
http://www.abwaba.com/2014/05/resep-dan-cara-membuat-susu-kacang.html
true
5790253972196761236
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content