Resep dan Cara Membuat Sosis Sapi Sendiri

Cara Membuat Sosis Sapi – Seperti yang kita tahu, sosis dikenal sebagai topping sebuah pizza. Bahkan, sekarang sosis sudah dikonsumsi oleh ...

Cara Membuat Sosis Sapi – Seperti yang kita tahu, sosis dikenal sebagai topping sebuah pizza. Bahkan, sekarang sosis sudah dikonsumsi oleh banyak orang sebagai menu makanan maupun sayur. Awalnya, sosis dibuat dari lemak hewan, daging cincang, ditambah dengan rempah lain dan kemudian dibungkus tradisional dengan usus hewan. Akan tetapi, dengan semakin berkembangnya jaman, kini sosis dibungkus dengan bahan sintesis kemudian diawetkan menggunakan cara pengasapan. Umumnya, bahan dasar pembuatan sosis berupa daging sapi dan daging ayam.

Di Indonesia banyak resep masakan memakai sosis sebagai bahan tambahannya. Teksturnya yang lembut digemari semua kalangan. Selain itu sosis memiliki kandungan gizi tinggi karena dibuat dari bahan daging. Tetapi, perlu diketahui bahwa tak dianjurkan mengkonsumsi sosis pada jumlah berlebih, sebab akan menyebabkan obesitas serta kolesterol, karena sosis mengandung lemak serta kolesterol cukup tinggi.

cara membuat sosis

Umumnya, orang membeli sosis pada pasar maupun swalayan. Tetapi, banyak kasus yang beredar bahwa tak sedikit merk sosis yang beredar di pasaran memakai bahan lain dalam pembuatan sosis yang membahayakan kesehatan apabila dikonsumsi terus menerus dan tanpa diketahui kandungan di dalamnya. Untuk dapat menghindari hal ini, seaiknya Anda membuat sosis sendiri. Selain akan menambah wawasan dalam hal memasak, tentu akan lebih terjamin kebersihan akan bahan yang dipergunakan pada pembuatan sosis. Sosis ala homemade sekarang tengah banyak digandrungi ibu rumah tangga, sebab mereka lebih memperhatikan akan kesehatan serta kadar gizi dari sepotong sosis lezat.

Bagi Anda yang tertarik untuk membuat sosis dirumah, Anda tak perlu khawatir. Anda dapat mempraktikkannya sendiri dirumah dengan cara dan bahan yang cukup mudah untuk Anda dapatkan. Berikut ini langkah yang dapat Anda coba sebagai cara membuat sosis.

Bahan-bahan membuat sosis :

  • 600 gr daging sapi yang digiling
  • 100 ml minyak nabati
  • 3 sdm tepung tapioka
  • 150 gr es serut
  • Gula pasir secukupnya
  • Garam secukupnya
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1 sdm bawang putih cincang
  • 1/2 sdt ketumbar bubuk
  • 1 butir putih telur
  • Penyedap rasa secukupnya, sesuai selera

Cara membuat sosis :

  1. Campur daging sapi yang digiling, garam beserta sebagian es serut dalam food processor (apabila Anda tidak memiliki food processor bisa menggantinya dengan menggunakan chopper blender)
  2. Aduk dengan kecepatan sedang sampai seluruhnya tercampur rata, dan tambah kecepatan lebih tinggi
  3. Masukkan minyak nabati dan aduk dengan kecepatan sedang
  4. Masukkan seluruh bumbu, sisa es serut dan putih telur, serta tepung tapioka, dan aduk rata semua adonan
  5. Setelah seluruh adonan tercampur dengan rata, pindahkan adonan dalam wadah baskom
  6. Siapkanlah casing untuk sosis
  7. Masukkan adonan  dalam plastik segitiga dan semprotkan dalam casing sosis sampai seluruh casing terisi adonan
  8. Ikatlah bagian ujung casing adonan menggunakan benang. Lakukan cara ini sampai adonan habis
  9. Rebus sosis di air panas (tidak sampai mendidih). Biarkan 15-20 menit sampai matang dengan rata
  10. Angkat dan celupkan dalam air dingin. Tiriskan kemudian lepaskan ikatan benang. Tunggulah sosis sampai dingin
  11. Masukkan sosis dalam wadah yang tertutup dan simpan dalam freezer agar bisa dikonsumsi kemudian hari

Untuk daging sapi giling Anda bisa menggantinya dengan daging ayam, maupun seafood, sesuai selera Anda. Apabila Anda tidak mempunyai casing sosis, maka casing sosis dapat Anda ganti dengan plastik es lilin. Anda pun juga dapat menambah bumbu lain seperti blackpaper.

Demikianlah cara dan resep membuat sosis yang cukup mudah untuk Anda praktikkan. Selain kebersihannya lebih terjamin, Anda juga bisa berkreasi sesuai selera Anda. Sekian dan selamat mencoba membuat sosis sendiri di rumah!

COMMENTS

Nama

Abwaba,1,Abwaba Top Info,25,Android,2,Aplikasi,4,Bola,4,Cerita Lucu,1,Cerpen,1,Contoh,8,Contoh Lainnya,4,Contoh Surat,4,Desain Rumah,42,Diet dan Fitness,2,Ekonomi,2,Gadgets,11,Gambar Lucu,2,Handphone,7,Harga,25,Harga Hp,7,Harga Laptop,2,Harga Motor,16,Harga Tablet,1,Health,18,Herbal,8,Hotel,13,How To,4,Humor,10,Indonesia,1,Info Lainnya,2,Internasional,1,Internet,6,Jadwal,3,Jadwal Bola,3,Jadwal Bola Hari ini,2,Jadwal Liga Inggris,1,Kata-Kata,6,Kecantikan,5,Kesehatan,4,Kulit,5,Laptop,1,Lifestyle,3,Manfaat dan Khasiat,10,Motor,15,Nasional,7,Otomotif,16,Piala Dunia 2014,1,Politik,14,Properti,48,Puisi,4,Rambut,4,Resep Kue,2,Resep Lebaran,2,Resep Masakan,74,Resep Masakan Indonesia,50,Resep Masakan Internasional,2,Resep Minuman,2,Review,1,Sejarah,1,Sejarah Umum,1,SMS Lucu,1,Tablet,1,Tanaman Obat,5,Tebak-Tebakan,4,Tekno,1,Tips Cantik,1,Tips dan Cara,64,Tips Internet,2,Tips Properti,1,Travel,15,Tubuh,5,Wajah,1,Wanita,19,
ltr
item
Abwaba.com: Resep dan Cara Membuat Sosis Sapi Sendiri
Resep dan Cara Membuat Sosis Sapi Sendiri
http://www.abwaba.com/wp-content/uploads/2014/05/cara-membuat-sosis.jpg
Abwaba.com
http://www.abwaba.com/2014/05/resep-dan-cara-membuat-sosis-sapi.html
http://www.abwaba.com/
http://www.abwaba.com/
http://www.abwaba.com/2014/05/resep-dan-cara-membuat-sosis-sapi.html
true
5790253972196761236
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content