Cara Mengatasi Insomnia dan 15 Cara Agar Cepat Tidur

Cara Mengatasi Insomnia – Banyak orang yang mengeluh susah tidur atau yang sering disebut dengan insomnia. Insomnia tentunya tidak baik unt...

Cara Mengatasi Insomnia – Banyak orang yang mengeluh susah tidur atau yang sering disebut dengan insomnia. Insomnia tentunya tidak baik untuk kesehatan, karena waktu tidur kita berkurang. Sebuah penelitian menyatakan orang tidurnya larut malam sangat rawan terkena kanker hati. Mengapa demikian? Karena hati bekerja dengan maksimal ketika waktu tidur, yaitu antara 23.00-03.00. sehingga, dapat kita simpulkasn bahwa tidur larut malam akan membuat hati tidak bekerja maksimal yang pada akhirnya akan menyebabkan kanker hati, sehingga kesehatan menurun.

Apabila Anda seseorang orang yang mengalami gangguan insomnia atau susah tidur, maka Anda  dapat menyimak artikel Abwaba.com dibawah ini dengan tema cara mengatasi insomnia dan cara agar cepat tidur yang akan membantu Anda mengatasi gangguan susah tidur.

Cara Mengatasi Insomnia

cara mengatasi insomnia dan cara agar cepat tidur

Cara Alami Mengatasi Insomnia dan Cara Agar Cepat Tidur

1. Berdo’a Sebelum Anda Tidur
Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum tidur yaitu berdoa. Dengan Anda berdoa sebelum tidur, maka hati akan tenang dan tidur Anda akan nyenyak dan nyaman sebab tentunya dilindungi Tuhan YME.

2. Hindari Cahaya ketika Tidur
Cahaya berpengaruh besar pada proses produksi hormon melatonin. Cahaya terang akan menghambat produksinya. Perlu diketahui bahwa tidak adanya cahaya akan mendorong terjadinya proses produksi.

3. Hindari Terus Melihat Ke Arah Jarum Jam
Bila Anda terus melirik ke arah jarum jam ketika sudah larut malam, maka tidur Anda akan tersiksa. Anda akan terus merasa khawatir pada sisa waktu tidur Anda sebelum hari sibuk Anda dimulai. Apabila Anda orang yng seperti itu, Anda harus menempatkan jam dalam laci, atau di bagian bawah tempat tidur, atau juga di putar ke arah yang bertentangan  jarak pandang Anda.

4. Hindari Kafein 9 Jam Sebelum Anda Tidur
Kopi pagi hari tentunya bagus untuk kesehatan. Namun ketika akan menjelang tidur, Anda harus menghindari mengonsumsi makanan maupun minuman yang terdapat kandungan kafeinnya. Kurangi pula mengonsumsi coklat, teh,cola, maupun kopi yang tanpa kafein sekalipun.

5. Atur Jadwal Tidur
Atur agar jadwal pergi maupun  bangun tidur Anda sama untuk setiap harinya, termasuk pada akhir pekan. Rutinitas semacam ini akan membuat tubuh maupun otak  menjadi tetap pada siklus bangun serta tidur yang sehat. Pada waktunya, Anda akan tertidur nyenyak sepanjang malam. Untuk itu, dapatkan cahaya terang selama 5 – 30 menit sesegera mungkin ketika Anda sudah bangun tidur. Cahaya merupakan suatu regulator terkuat dalam membangunkan seseorang dari tidurnya.

6. Olahraga Teratur
Olahraga teratur terbukti mampu meningkatkan kualitas tidur seseorang, selama dilakukan tidak terlalu dekat dengan waktu Anda tidur. Energi yang Anda peroleh setelah olahraga akan membuat Anda tetap terjaga. Berikan jarak antara waktu selesai olahraga dengan waktu tidur, yaitu antara 3-4 jam. Tips: olahraga ataupun latihan ringan meliputi yoga, tai chi, maupun latihan serupa boleh Anda lakukan sebelum menjelang tidur.

7. Menetralisir Suara
Tetesan keran, anjing yang menggonggong, dan suara-suara kendaraan akan menghilangkan  waktu tidur Anda.
Tips: Lawan suara-suara tersebut dengan suara lebih teratur juga tenang, seperti misalnya suara fan, AC, maupun  suara menenangkan lain. Anda dapat menggunakan sumbat telinga untuk mengatasinya.

8. Jangan Merokok
Nikotin termasuk sebuah stimulan, sama halnya kafein. Nikotin membuat seseorang semakin terjaga bahkan memperparah insomnia.
Tips: Untuk memudahkan dalam rencana berhenti merokok, maka Anda lebih baik Anda merokok lebih sedikit dari kebiasaan sebelumnya dan berhenti melakukannya paling tidak selama 4 jam sebelum Anda tidur.

9. Jauhkan Hewan Peliharaan dari Kamar Tidur Anda
Gerakan anjing, kucing maupun hewan peliharaan lain akan membuat Anda tidur tidak nyenyak seperti yang Anda inginkan. Mereka dapat membawa bulu, kutu, debu bahkan pemicu alergi lain ke tempat tidur Anda.
Tips: Konsultasikan pada dokter hewan maupun pelatih binatang akan cara untuk membuat peliharaan Anda menjadi tetap senang dan tidur pada tempatnya sendiri.

10. Relaksasi Pikiran Anda Sebelum Tidur
Redakan emosi maupun pikiran Anda sekitar 1jam sebelum Anda tidur. Bacalah sesuatu hal yang ringan, mendengar musik, atau dengan mandi air yang hangat untuk dapat menenangkan pikiran Anda.
Tips: Cara ini dapat dilakukan pula 10 menit sebelum Anda tidur saat waktu tidur Anda semakin sempit.

11. Gunakanlah Bantal Untuk dapat Meringankan Nyeri Punggung
Nyeri punggung ringan tidak akan membangunkan Anda dari tidur, tetapi juga akan sangat mengganggu dalam tidur nyenyak Anda. Solusi mudah untuk mengatasinya yaitu dengan meletakkan bantal kecil di antara kedua kaki Anda ketika Anda tidur menyamping. Hal ini dimaksudkan untuk menyejajarkan pinggul serta untukmengurangi nyeri pada daerah punggung.
Tips: Saat Anda tidur telentang, letakkanlah bantal kecil pada bagian bawah kedua lutut untuk mengurangi rasa nyeri punggung ketika malam hari.

12. Tempatkan Leher pada Posisi Netral
Apabila Anda bangun tidur dengan leher yang terasa kaku, maka salahkan bantal Anda. Kadang kala, Anda memakai bantal yang terlalu tebal ataupun yang terlalu tipis. Bantal Anda harus berukuran tepat agar dapat mendukung leher Anda ketika dalam posisi netral. Untuk tidur dalam posisi menyamping, hidung Anda harus sejajar pusat tubuh. Hindarilah tidur dengan posisi tertelungkup, karena akan melilitkan leher Anda.

13. Bersihkan Tempat Tidur Anda dengan Teratur
Alergi yang mengakibatkan bersin-bersin, pilek, maupun gatal-gatal akan membua tidur Anda menjadi terganggu. Hal semacam ini mungkin disebabkan tempat tidur Anda yang dipenuhi debu, kutu maupun segala penyebab alergi lain. Untuk itu, bersihkan tempat tidur Anda secara teratur.

14. Konsultasikan pada Dokter
Pada saat tingkat keparahan insomnia Anda tergolong rendah, Anda masih dapat mengatasinya dengan cara seperti diatas. Tetapi apabila selama satu bulan insomnia Anda masih tidak kunjung sembuh, maka mungkin sudah saatnya Anda memeriksakan diri untuk mengetahui yang terjadi pada diri Anda. Insomnia bisa menjadi suatu gejala suatu penyakit lebih serius. Insomnia yang kronik harus mendapat evaluasi dari dokter.

15. Minum Obat Tidur Sesuai dengan Resep Dokter
Anda mungkin akan tergoda memakai obat tidur saat rasa kantuk belum datang saat menunjukkan tengah malam. Akan tetapi,  hati-hati menggunakannya. Obat tidur bisa membuat kecanduan serta mempunyai efek samping yang tentunya mengganggu. Idealnya, obat tidur dipakai dalam jangka waktu pendek, bukan sebagai menjadi gaya hidup Anda sehari-hari.

Cara Mengatasi Insomnia Secara Alami

Demikian artikel Abwaba.com tentang cara mengatasi insomnia dan 15 cara agar cepat tidur yang dapat Anda praktekkan, semoga bermanfaat.

COMMENTS

Nama

Abwaba,1,Abwaba Top Info,25,Android,2,Aplikasi,4,Bola,4,Cerita Lucu,1,Cerpen,1,Contoh,8,Contoh Lainnya,4,Contoh Surat,4,Desain Rumah,42,Diet dan Fitness,2,Ekonomi,2,Gadgets,11,Gambar Lucu,2,Handphone,7,Harga,25,Harga Hp,7,Harga Laptop,2,Harga Motor,16,Harga Tablet,1,Health,18,Herbal,8,Hotel,13,How To,4,Humor,10,Indonesia,1,Info Lainnya,2,Internasional,1,Internet,6,Jadwal,3,Jadwal Bola,3,Jadwal Bola Hari ini,2,Jadwal Liga Inggris,1,Kata-Kata,6,Kecantikan,5,Kesehatan,4,Kulit,5,Laptop,1,Lifestyle,3,Manfaat dan Khasiat,10,Motor,15,Nasional,7,Otomotif,16,Piala Dunia 2014,1,Politik,14,Properti,48,Puisi,4,Rambut,4,Resep Kue,2,Resep Lebaran,2,Resep Masakan,74,Resep Masakan Indonesia,50,Resep Masakan Internasional,2,Resep Minuman,2,Review,1,Sejarah,1,Sejarah Umum,1,SMS Lucu,1,Tablet,1,Tanaman Obat,5,Tebak-Tebakan,4,Tekno,1,Tips Cantik,1,Tips dan Cara,64,Tips Internet,2,Tips Properti,1,Travel,15,Tubuh,5,Wajah,1,Wanita,19,
ltr
item
Abwaba.com: Cara Mengatasi Insomnia dan 15 Cara Agar Cepat Tidur
Cara Mengatasi Insomnia dan 15 Cara Agar Cepat Tidur
http://www.abwaba.com/wp-content/uploads/2014/05/cara-mengatasi-insomnia-dan-cara-agar-cepat-tidur.jpg
Abwaba.com
http://www.abwaba.com/2014/05/cara-mengatasi-insomnia-dan-15-cara.html
http://www.abwaba.com/
http://www.abwaba.com/
http://www.abwaba.com/2014/05/cara-mengatasi-insomnia-dan-15-cara.html
true
5790253972196761236
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content