Resep Es Selendang Mayang

Resep Es Selendang Mayang – Saat suhu udara terasa panas dan gerah, hal pertama yang pasti akan terpikir oleh kebanyakan orang adalah es. Ya...

selendang mayang
Resep Es Selendang Mayang – Saat suhu udara terasa panas dan gerah, hal pertama yang pasti akan terpikir oleh kebanyakan orang adalah es. Ya, menikmati es dingin yang segar, yang dapat menghilangkan dahaga dan membuat rasa gerah sedikit terobati. Apalagi bila anda bertempat tinggal di ibu kota Jakarta yang pastinya terkenal dengan udaranya yang sangat panas. Tapi tenang, anda tak perlu khawatir, sebab ada salah satu minuman khas Betawi yang dapat membantu anda semua untuk menghilangkan rasa haus, yaitu es selendang mayang. Es yang satu ini telah terkenal sejak lama dan merupakan minuman khas Betawi yang sangat dikenal, sebab rasanya enak dan sangat segar. Ciri khas utama dari minuman satu ini adalah rasa daun pandannya serta tekstur lembut dari adonan yyang menghiasi minuman khas Betawi ini.

Bagi anda yang menyukai minuman dingin segar ini, jangan sampai anda ketinggalan minuman es selendang mayang ini. Tapi bagi anda yang bertempat tinggal di luar ibu kota Jakarta serta sekitarnya, anda tak perlu pergi jauh-jauh ke kota Jakarta untuk menikmati es selendang mayang ini, karena anda dapat meraciknya sendiri di rumah dengan mengikuti resep yang akan kami paparkan. Di kesempatan kali ini, kami akan membantu anda untuk membuat sendiri es selendang mayang di rumah, dengan tahapan sebagai berikut :
Bahan :

1000 ml air
2 lembar daun pandan, ikat
125 gr tepung hunkwe
75 gr tepung beras
1/4 sdt vanili bubuk
1/2 sdt garam
25 ml air daun suji yang berasal dari 25 lembar daun suji dan 2 lembar daun pandan
2 tetes pewarna makanan hijau tua
3 tetes pewarna makanan  merah
800 gr es serut

Bahan Saus Es Selendang Mayang:

150 ml air
200 gr gula merah
1 lembar daun pandan

Bahan Kuah Santan:

600 ml santan
2 lembar daun pandan
1/2 sdt garam

Cara Membuat Es Selendang Mayang:

Rebus air dan daun pandan, tepung beras, tepung hunkwe, garam, dan vanili bubuk  sambil diaduk sampai meletup-letup. Bagi adonan 3 bagian. Satu bagian ditambah dengan pewarna merah, kemudian aduk hingga rata. Satu bagian ditambahkan dengan air suji serta pewarna hijau, dan aduk rata. Dan satu bagian terakhir biarkan putih. Tuangkan adonan hijau pada loyang yang sudah dioles minyak, kemudian ratakan, tunggu beberapa saat. Tuangkan adonan putih diatasnya, lalu ratakan dan tunggu beberapa saat. Setelah itu tuangkan lagi adonan merah pada atasnya. Dinginkan pada lemari es. Sesudah semuanya dingin padat, potong dan bentuk menjadi  jajar genjang 2 cm.

Kemudian buatlah saus dengan cara merebus air, daun pandan, gula merah,  dan pewarna merah sambil diaduk sampai mendidih. Saring, dinginkan. Setelah itu buatlah kuah santan dengan merebus santan, garam, dan daun pandan sambil diaduk sampai mendidih.  Angkat, dinginkan. Selendang mayangpun sudah bisa dihidangkan bersama es serut, kuah santan dan kinca.

Sekarang, anda bisa menikmati es selendang mayang ini kapan pun anda mau. Anda juga bisa meraciknya sendiri di rumah, tanpa harus jauh-jauh datang ke Jakarta untuk membelinya. Semoga resep dari kami ini bermanfaat bagi anda.

COMMENTS

Nama

Abwaba,1,Abwaba Top Info,25,Android,2,Aplikasi,4,Bola,4,Cerita Lucu,1,Cerpen,1,Contoh,8,Contoh Lainnya,4,Contoh Surat,4,Desain Rumah,42,Diet dan Fitness,2,Ekonomi,2,Gadgets,11,Gambar Lucu,2,Handphone,7,Harga,25,Harga Hp,7,Harga Laptop,2,Harga Motor,16,Harga Tablet,1,Health,18,Herbal,8,Hotel,13,How To,4,Humor,10,Indonesia,1,Info Lainnya,2,Internasional,1,Internet,6,Jadwal,3,Jadwal Bola,3,Jadwal Bola Hari ini,2,Jadwal Liga Inggris,1,Kata-Kata,6,Kecantikan,5,Kesehatan,4,Kulit,5,Laptop,1,Lifestyle,3,Manfaat dan Khasiat,10,Motor,15,Nasional,7,Otomotif,16,Piala Dunia 2014,1,Politik,14,Properti,48,Puisi,4,Rambut,4,Resep Kue,2,Resep Lebaran,2,Resep Masakan,74,Resep Masakan Indonesia,50,Resep Masakan Internasional,2,Resep Minuman,2,Review,1,Sejarah,1,Sejarah Umum,1,SMS Lucu,1,Tablet,1,Tanaman Obat,5,Tebak-Tebakan,4,Tekno,1,Tips Cantik,1,Tips dan Cara,64,Tips Internet,2,Tips Properti,1,Travel,15,Tubuh,5,Wajah,1,Wanita,19,
ltr
item
Abwaba.com: Resep Es Selendang Mayang
Resep Es Selendang Mayang
http://www.abwaba.com/wp-content/uploads/2014/01/selendang-mayang-298x300.jpg
Abwaba.com
http://www.abwaba.com/2014/01/resep-es-selendang-mayang.html
http://www.abwaba.com/
http://www.abwaba.com/
http://www.abwaba.com/2014/01/resep-es-selendang-mayang.html
true
5790253972196761236
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content